KETERLAKSANAAN PEMBELAJARAN BELADIRI PENCAK SILAT PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN DI SMP SE-KECAMATAN BANTUL
Nur Rohmah Muktiani, , Indonesia
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar keterlaksanaan pembelajaran beladiri
pencak silat pada mata pelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan di SMP se-Kecamatan
Bantul. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Metode yang digunakan adalah survei
dengan menggunakan instrumen angket. Subjek penelitian adalah guru PJOK di Sekolah Menengah
Pertama (SMP) se- Kecamatan Bantul yang berjumlah 16 guru dari 10 sekolah. Teknik analisis data
yang digunakan adalah statistik deskriptif dalam bentuk persentase. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa keterlaksanaan pembelajaran beladiri pencak silat pada mata pelajaran pendidikan jasmani
olahraga dan kesehatan di SMP se-Kecamatan Bantul yang termasuk dalam kategori sangat rendah ada
1 guru (6, 25%), kategori rendah ada 9 guru (56, 25%), kategori tinggi ada 5 guru (31, 25%), dan yang
termasuk dalam kategori sangat tinggi ada 1 guru (6, 25%). Keterlaksanaan pembelajaran beladiri
pencak silat pada mata pelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan di SMP se-Kecamatan
Bantul sebagian besar termasuk ke dalam kategori rendah.
Kata kunci: keterlaksanaan, pembelajaran, beladiri, pencak silat
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.