FAKTOR PENDUKUNG KETERLAKSANAAN PEMBELAJARAN BELADIRI PENCAK SILAT DALAM PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DANKESEHATAN DI SMP NEGERI SE-KABUPATEN SLEMAN
Nur Rohmah Muktiani, , Indonesia
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar faktor pendukung keterlaksanaan pembelajaran
beladiri pencak silat dalam pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan di SMP Negeri Se-Kabupaten
Sleman.Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan metode survey menggunakan
instrument penelitian berupa angket. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru PJOK SMP seKabupaten
Sleman.
Sampel
yang
digunakan
adalah
30
guru
PJOK
SMP
yang
berasal
dari
15
sekolah
dari
54
sekolah
yang
ada
di
Kabupaten
Sleman.
Teknik
pengambilan
sampel
menggunakan
teknik
klaster
atau
cluster
sampling. Perhitungan validitas menggunakan rumus Pearson Product Momen dan reliabilitas
menggunakan rumus Alpha Cronbach. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan teknik
analisis statistic deskriptif secara kuantitatif dengan persentase tentang faktor pendukung keterlaksanaan
pembelajaran beladiri pencak silat dalam pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan di SMP SeKabupaten
Sleman yang dibagi dalam lima kategori yaitu sangat mendukung, mendukung, cukup
mendukung, tidak mendukung dan sangat tidak mendukung. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa:
faktor pendukung keterlaksanaan pembelajaran beladiri pencak silat dalam pendidikan jasmani olahraga
dan kesehatan di SMP Se-Kabupaten Sleman secara keseluruahan berada dalam kategori sangat
mendukung tidak ada
(0,00%
), kategori mendukung sebesar 13,30%
(4 guru), kategori cukup mendukung
sebesar 73,40%
(22 guru
), kategori tidak mendukung sebesar 3,30%
(1 guru), dan kategori sangat tidak
mendukung 10,00% ( 3 guru).
Kata kunci: faktor-faktor pendukung, keterlaksanaan pembelajaran, beladiri, pencak silat
beladiri pencak silat dalam pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan di SMP Negeri Se-Kabupaten
Sleman.Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan metode survey menggunakan
instrument penelitian berupa angket. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru PJOK SMP seKabupaten
Sleman.
Sampel
yang
digunakan
adalah
30
guru
PJOK
SMP
yang
berasal
dari
15
sekolah
dari
54
sekolah
yang
ada
di
Kabupaten
Sleman.
Teknik
pengambilan
sampel
menggunakan
teknik
klaster
atau
cluster
sampling. Perhitungan validitas menggunakan rumus Pearson Product Momen dan reliabilitas
menggunakan rumus Alpha Cronbach. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan teknik
analisis statistic deskriptif secara kuantitatif dengan persentase tentang faktor pendukung keterlaksanaan
pembelajaran beladiri pencak silat dalam pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan di SMP SeKabupaten
Sleman yang dibagi dalam lima kategori yaitu sangat mendukung, mendukung, cukup
mendukung, tidak mendukung dan sangat tidak mendukung. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa:
faktor pendukung keterlaksanaan pembelajaran beladiri pencak silat dalam pendidikan jasmani olahraga
dan kesehatan di SMP Se-Kabupaten Sleman secara keseluruahan berada dalam kategori sangat
mendukung tidak ada
(0,00%
), kategori mendukung sebesar 13,30%
(4 guru), kategori cukup mendukung
sebesar 73,40%
(22 guru
), kategori tidak mendukung sebesar 3,30%
(1 guru), dan kategori sangat tidak
mendukung 10,00% ( 3 guru).
Kata kunci: faktor-faktor pendukung, keterlaksanaan pembelajaran, beladiri, pencak silat
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.