SISTEM PEMBELAJARAN KARAKTER DISIPLIN PADA SISWA EKSTRAKURIKULER PENCAK SILAT TAPAK SUCI DI SMK MUHAMMADIYAH 1 WONOSOBO
Nur Rohmah Muktiani, , Indonesia
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sistem pembelajaran karakter disiplin pada siswa
ekstrakurikuler pencak silat tapak suci di SMK Muhammadiyah 1 Wonosobo.
Penelitian ini menggunakan desain deskriptif kualitatif. Jenis pendekatan penelitian ini
menggunakan pendekatan penelitian studi kasus. Subjek penelitian ini adalah pelatih dan siswa
ekstrakurikuler pencak silat tapak suci. Objek penelitian ini adalah penjelasan pelatih ekstrakurikuler
pencak silat tapak suci di SMK Muhammadiyah 1 Wonosobo terhadap sistem pembelajaran karakter
disiplin. Teknik pengumpulan datanya menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Uji
keabsahan data dilakukan dengan teknik tringulasi. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis
deskripsi mencakup reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan bahwa sistem pembelajaran nilai karakter
disiplin pada siswa pencak silat tapak suci di SMK Muhammadiyah 1 Wonosobo, sudah menjalankan
pembelajaran nilai karakter disiplin yang dimulai dari kegiatan sebelum latihan, pendahuluan latihan,
kegiatan inti dalam latihan, dan penutup latihan dengan hasil siswa sudah disiplin.
Kata Kunci: Sistem, Pembelajaran, dan Karakter Disiplin
ekstrakurikuler pencak silat tapak suci di SMK Muhammadiyah 1 Wonosobo.
Penelitian ini menggunakan desain deskriptif kualitatif. Jenis pendekatan penelitian ini
menggunakan pendekatan penelitian studi kasus. Subjek penelitian ini adalah pelatih dan siswa
ekstrakurikuler pencak silat tapak suci. Objek penelitian ini adalah penjelasan pelatih ekstrakurikuler
pencak silat tapak suci di SMK Muhammadiyah 1 Wonosobo terhadap sistem pembelajaran karakter
disiplin. Teknik pengumpulan datanya menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Uji
keabsahan data dilakukan dengan teknik tringulasi. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis
deskripsi mencakup reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan bahwa sistem pembelajaran nilai karakter
disiplin pada siswa pencak silat tapak suci di SMK Muhammadiyah 1 Wonosobo, sudah menjalankan
pembelajaran nilai karakter disiplin yang dimulai dari kegiatan sebelum latihan, pendahuluan latihan,
kegiatan inti dalam latihan, dan penutup latihan dengan hasil siswa sudah disiplin.
Kata Kunci: Sistem, Pembelajaran, dan Karakter Disiplin
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.