TINGKAT PENGETAHUAN GURU PENDIDIKAN JASMANI TENTANG GAYA MENGAJAR DI SMP NEGERI SE-KECAMATAN SAMPOLAWA KABUPATEN BUTON SELATAN
Hari Amirullah Rachman,
Abstract
Pentingnya penggunaan gaya mengajar yang tepat di dalam sebuah proses pembelajaran yang
digunakan guru penjas di SMP Negeri se-Kecamatan Sampolawa Kabupaten Buton Selatan sehingga
penelitian ini layak untuk diteliti. Maka tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui tingkat pengetahuan
guru pendidikan jasmani di SMP Negeri se-Kecamatan Sampolawa Kabupaten Buton Selatan. Penelitian
ini merupakan penelitian deskriptif. Metode yang digunakan adalah survei dengan teknik pengambilan
data menggunakan tes. Subjek dalam penelitian ini adalah guru penjas di SMP Negeri se-Kecamatan
Sampolawa Kabupaten Buton Selatan yang berjumlah 7 guru. Teknik analisis data menggunakan analisis
deskriptif kuantitatif yang dituangkan dalam bentuk persentase. Berdasarkan hasil penelitian diketahui
pengetahuan guru pendidikan jasmani tentang gaya mengajar di SMP Negeri se-Kecamatan Sampolawa
Kabupaten Buton Selatan pada kategori kurang sebanyak 14,28 %, kategori cukup sebanyak 28,57 %,
kategori baik sebanyak 57,14 %.
Kata kunci : Pengetahuan, Guru Pendidikan Jasmani, Gaya Mengajar.
digunakan guru penjas di SMP Negeri se-Kecamatan Sampolawa Kabupaten Buton Selatan sehingga
penelitian ini layak untuk diteliti. Maka tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui tingkat pengetahuan
guru pendidikan jasmani di SMP Negeri se-Kecamatan Sampolawa Kabupaten Buton Selatan. Penelitian
ini merupakan penelitian deskriptif. Metode yang digunakan adalah survei dengan teknik pengambilan
data menggunakan tes. Subjek dalam penelitian ini adalah guru penjas di SMP Negeri se-Kecamatan
Sampolawa Kabupaten Buton Selatan yang berjumlah 7 guru. Teknik analisis data menggunakan analisis
deskriptif kuantitatif yang dituangkan dalam bentuk persentase. Berdasarkan hasil penelitian diketahui
pengetahuan guru pendidikan jasmani tentang gaya mengajar di SMP Negeri se-Kecamatan Sampolawa
Kabupaten Buton Selatan pada kategori kurang sebanyak 14,28 %, kategori cukup sebanyak 28,57 %,
kategori baik sebanyak 57,14 %.
Kata kunci : Pengetahuan, Guru Pendidikan Jasmani, Gaya Mengajar.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.