PELAKSANAAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN DENGAN METODE SAINTIFIK DI SMP NEGERI 3 PAKEM
Sri Winarni, , Indonesia
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran pendidikan
jasmani olahraga dan kesehatan dengan metode saintifik di SMP Negeri 3 Pakem.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan mix methods.
Populasi penelitian adalah siswa kelas VII dan VIII di SMP Negeri 3 Pakem dengan jumlah
total 250 orang serta guru mata pelajaran PJOK di SMP Negeri 3 Pakem. Sampel yang
digunakan adalah siswa kelas VII dan VIII SMP Negeri 3 Pakem dengan jumlah 30 siswa,
selanjutnya pengumpulan data dikumpulkan dengan cara observasi, wawancara, dan
dokumentasi serta angket respon siswa dengan jumlah butir pertanyaan sebanyak 40 butir.
Validasi instrumen ini menggunakan uji validitas isi, dimana pengujian validitasnya
menggunakan pendapat para ahli (experts judgement). Teknik analisis data kualitatif yaitu
dengan pengumpulan data, penyajian data, reduksi data, dan penarikan kesimpulan sedangkan
untuk teknik analisis data kuantitatif menggunakan teknik analisis kuantitatif deskriptif
dengan presentase untuk masing-masing indikator.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan pembelajaran, pelaksanaan
pembelajaran, penilaian pembelajaran sudah berjalan dengan baik. Guru mengalami hambatan
dalam perencanaan pembelajaran yaitu materi renang/aktivitas air tidak bisa tersampaikan.
Hasil angket respon siswa juga menunjukkan bahwa mereka setuju/senang dengan
pembelajaran yang diberikan oleh guru.
Kata kunci: Pelaksanaan, PJOK, Saintifik.
jasmani olahraga dan kesehatan dengan metode saintifik di SMP Negeri 3 Pakem.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan mix methods.
Populasi penelitian adalah siswa kelas VII dan VIII di SMP Negeri 3 Pakem dengan jumlah
total 250 orang serta guru mata pelajaran PJOK di SMP Negeri 3 Pakem. Sampel yang
digunakan adalah siswa kelas VII dan VIII SMP Negeri 3 Pakem dengan jumlah 30 siswa,
selanjutnya pengumpulan data dikumpulkan dengan cara observasi, wawancara, dan
dokumentasi serta angket respon siswa dengan jumlah butir pertanyaan sebanyak 40 butir.
Validasi instrumen ini menggunakan uji validitas isi, dimana pengujian validitasnya
menggunakan pendapat para ahli (experts judgement). Teknik analisis data kualitatif yaitu
dengan pengumpulan data, penyajian data, reduksi data, dan penarikan kesimpulan sedangkan
untuk teknik analisis data kuantitatif menggunakan teknik analisis kuantitatif deskriptif
dengan presentase untuk masing-masing indikator.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan pembelajaran, pelaksanaan
pembelajaran, penilaian pembelajaran sudah berjalan dengan baik. Guru mengalami hambatan
dalam perencanaan pembelajaran yaitu materi renang/aktivitas air tidak bisa tersampaikan.
Hasil angket respon siswa juga menunjukkan bahwa mereka setuju/senang dengan
pembelajaran yang diberikan oleh guru.
Kata kunci: Pelaksanaan, PJOK, Saintifik.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.