PENGEMBANGAN RPP MATERI PASSING BAWAH PADA PERMAINAN BOLA VOLI DENGAN PENDEKATAN TGFU UNTUK SISWA KELAS VII SMP N 2 KRETEK BANTUL
Yuyun Ariwibowo, , Indonesia
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP) pada mata pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK) materi
Passing bawah pada permainan bola voli dengan pendekatan TGfU untuk siswa kelas VII
SMP N 2 Kretek Bantul.
Penelitian ini merupakan penelitian & pengembangan atau Research and Development
(R&D) yang menggunakan model pengembangan Borg & Gall, Langkah-langkah
penelitian pengembangan yang dipakai adalah sebagai berikut: (1) mengidentifikasi
potensi dan masalah, (2) mengumpulkan data, (3) mendesain produk, (4) validasi desain,
(5) revisi desain, (6) uji coba produk, (7) revisi produk, (8) uji coba pemakaian, pada
penelitian ini hanya dilaksanakan hingga tahap delapan, yaitu uji coba pemakaian. Subjek
dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP N 2 Kretek Bantul. Teknik
pengumpulan data dengan menggunakan angket. Validasi produk dilakukan oleh ahli
kurikulum dan ahli materi. Teknik analisis data menggunakan analisis data deskriptif
kuantitatif dalam bentuk persentase dan dimasukkan kedalam kategori penilaian
Sugiyono untuk memperoleh kategori dari produk yang di kembangkan.
Hasil penelitian ini diperoleh Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) materi Passing
bawah pada permainan Bola Voli dengan pendekatan TGfU untuk siswa kelas VII SMP
N 2 Kretek Bantul. Persentase penilaian hari ahli kurikulum sebesar 89.42% (sangat
baik), ahli materi 1 sebesar 89.54% (sangat baik), dan ahli 2 atau tanggapan Guru sebesar
79.72% (baik), hasil penelitian produk Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) materi
Passing bawah pada permainan bola voli dengan pendekatan TGfU untuk siswa kelas VII
SMP N 2 Kretek Bantul akhir didapatkan hasil sebesar 86.23% (Sangat Baik).
Kata kunci: RPP, Pengembangan, TGfU. Bola Voli, PJOK, SMP N 2 Kretek Bantul.
(RPP) pada mata pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK) materi
Passing bawah pada permainan bola voli dengan pendekatan TGfU untuk siswa kelas VII
SMP N 2 Kretek Bantul.
Penelitian ini merupakan penelitian & pengembangan atau Research and Development
(R&D) yang menggunakan model pengembangan Borg & Gall, Langkah-langkah
penelitian pengembangan yang dipakai adalah sebagai berikut: (1) mengidentifikasi
potensi dan masalah, (2) mengumpulkan data, (3) mendesain produk, (4) validasi desain,
(5) revisi desain, (6) uji coba produk, (7) revisi produk, (8) uji coba pemakaian, pada
penelitian ini hanya dilaksanakan hingga tahap delapan, yaitu uji coba pemakaian. Subjek
dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP N 2 Kretek Bantul. Teknik
pengumpulan data dengan menggunakan angket. Validasi produk dilakukan oleh ahli
kurikulum dan ahli materi. Teknik analisis data menggunakan analisis data deskriptif
kuantitatif dalam bentuk persentase dan dimasukkan kedalam kategori penilaian
Sugiyono untuk memperoleh kategori dari produk yang di kembangkan.
Hasil penelitian ini diperoleh Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) materi Passing
bawah pada permainan Bola Voli dengan pendekatan TGfU untuk siswa kelas VII SMP
N 2 Kretek Bantul. Persentase penilaian hari ahli kurikulum sebesar 89.42% (sangat
baik), ahli materi 1 sebesar 89.54% (sangat baik), dan ahli 2 atau tanggapan Guru sebesar
79.72% (baik), hasil penelitian produk Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) materi
Passing bawah pada permainan bola voli dengan pendekatan TGfU untuk siswa kelas VII
SMP N 2 Kretek Bantul akhir didapatkan hasil sebesar 86.23% (Sangat Baik).
Kata kunci: RPP, Pengembangan, TGfU. Bola Voli, PJOK, SMP N 2 Kretek Bantul.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.