IDENTIFIKASI KESULITAN PROSES PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA SISWA KELAS X SMK MUHAMMADIYAH 1 WATES
Nurhadi Santoso, , Indonesia
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar tingkat kesulitan proses pembelajaran
Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan siswa kelas X SMK Muhammadiyah 1 Wates. Penelitian
ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan metode survei dan teknik pengumpulan data
menggunakan kuisioner. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMK Muhammadiyah 1
Wates berjumlah 110 orang. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif yang dituangkan
dalam bentuk persentase. Instrumen dalam penelitian ini didaopsi dari Ichksan (2013), dengan tingkat
validitas sebsar 0,675 dan reliabilitas sebesar 0,697. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X
di SMK Muhammadiyah 1 Wates yang berjumlah 110 siswa. Teknik analisis data menggunakan analisis
deskriptif kuantitatif yang disajikan dalam bentuk persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
tingkat kesulitan pembelajaran Penjasorkes siswa kelas X SMK Muhammadiyah 1 Wates berada pada
kategori “sangat rendah” sebesar 3,64% (4 peserta didik), “rendah” sebesar 27,27% (30 peserta didik),
“sedang” sebesar 36,36% (40 peserta didik), “tinggi” sebesar 29,29% (32 peserta didik), dan “sangat
tinggi” sebesar 3,64% (4 peserta didik).
Kata kunci: Kesulitan belajar, Pembelajaran Penjasorkes, SMK Muhammadiyah 1 Wates.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.