PENGALAMAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI DI SEKOLAH INKLUSI

Anita Nur Afrilia, , Indonesia

Abstract


Konsep tentang pendidikan inklusi masih relatif baru di dunia pendidikan
Indonesia. Inilah yang kemudian menjadi salah satu faktor terbatasnya informasi ilmiah
mengenai pendidikan inklusi dalam literatur pendidikan indonesia. Tujuan penelitian
adalah untuk menginvestigasi pengalaman yang dimiliki guru pendidikan jasmani dalam
mengajar peserta didik penyandang disabilitas di sekolah inklusi.Penelitian ini adalah
penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Partisipan penelitian adalah 10
guru pendidikan jasmani yang mengajar di sekolah inklusi di Yogyakarta. Data dikumpul
dengan teknik wawancara mendalam dan wawancara dengan teknik photo-elicitation.
Hasil wawancara direkam dengan alat perekam digital dan ditranskrip untuk keperluan
analisis. Instrumen penelitian adalah peneliti itu sendiri akan tetapi dalam menjadi
instrumen peneliti menggunakan protokol wawancara sebagai alat bantu. Analisis data
menggunakan 2 dari 4 prosedur yang direkomendasikan dalam pendekatan penelitian
fenomenologi, yakni horizonalisasi dan diskripsi tekstural.Hasil Penelitian menyajikan
deskripsi tekstural pengalaman pembelajaran pendidikan jasmani di sekolah inklusi.
Deskripsi tekstural menggambarkan bahwa pengalaman pembelajaran pendidikan jasmani
di sekolah inklusi meliputi (1) latar belakang pendidik, (2) perencanaan pembelajaran
pendidikan jasmani, (3) pelaksanaan pembelajaran pendidikan jasmani, (4) penilaian
pembelajaran pendidikan jasmani, (5) modifikasi pembelajaran pendidikan jasmani, dan
(6) faktor penghambat dan pendukung pembelajaran.

Kata kunci: fenomenologi, pembelajaran, pendidikan jasmani inklusi

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.