TINGKAT PEMAHAMAN GURU PJOK SMA NEGERI SE-KOTA YOGYAKARTA TERHADAP PERMAINAN SOFTBALL

Abdul Hamid, , Indonesia
Agus Susworo Dwi Marhaendra, , Indonesia

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat pemahaman guru PJOK SMA
Negeri se-Kota Yogyakarta terhadap permainan softball.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Metode yang digunakan peneliti
dalam penelitian ini adalah dengan survey yaitu memberikan instrument penelitian berupa tes dalam
bentuk soal yang diisi oleh responden. Populasi penelitian adalah seluruh guru PJOK SMA Negeri seKota
Yogyakarta.
Instrumen
sebelumnya
telah
diujicobakan
dengan
tujuan
untuk
mengetahui
tingkat
kesukaran

soal tes, daya pembeda tiap butir soal tes, validitas dan pembuktian realibilitas. Dari 40
butir soal tes yang diuji cobakan terdapat 6 butir tes dinyatakan gugur/ tidak valid dan pembuktian
realibilitas instrument telah memenuhi syarat, karena setelah dilakukan pengujian realibitas dengan
menggunakan rumus “korelasi product moment” diperoleh hasil 0,883. Teknik pengumpulan data pada
penelitian ini adalah metode tes yang menggunakan skala Gutman dengan interval 0-1, dengan
alertnativ jawaban “BENAR” dan “SALAH”. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif
denganp resentase.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa tingkat pemahaman guru PJOK SMA Negeri se-Kota
Yogyakarta terhadap permainan softball adalah sebagai berikut: berada pada kategori “sangattinggi”
sebesar 25%
(4 guru
), kategori “tinggi” sebesar 25%
(4 guru), kategori “sedang” sebesar 25%
(4
guru), kategori “rendah” sebesar 6.25% (1 guru), dan pada kategori “sangat rendah” sebesar 18.75% (3
guru).
Kata kunci: tingkatpemahaman, guru PJOK, permainan softball.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.