TANGGAPAN PESERTA DIDIK TERHADAP MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEKNIK JIGSAW PADA PERMAINAN BOLA BESAR

Destiana Pujiasri, , Indonesia
Yudanto ., , Indonesia

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pembelajaran yang dilaksanakan di SMP N 3 Sleman dengan teknik jigsaw
belum maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa baik tingkat tanggapan peserta didik SMP N 3
Sleman terhadap pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan dengan model pembelajaran kooperatif
teknik jigsaw pada permainan bola besar. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Metode yang
digunakan adalah metode survei. Sampel dalam penelitian ini yaitu seluruh peserta didik kelas 8 SMP N 3 Sleman
yang  berjumlah 175 orang. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data berupa skala psikologi yang
diberikan kepada peserta didik kelas 8 di kelas sebelum olahraga dimulai. Instrumen yang digunakan adalah skala
psikologi. Validitas instrumen menggunakan SPSS 16 dengan hasil butir soal yang valid 34 dari 35 butir
pernyataan. Hasil uji reliabilitas sebesar 0,845 sehingga instrumen yang berisi butir-butir pernyataan tersebut
reliabel. Teknik analisis yang dilakukan adalah menuangkan frekuensi ke dalam bentuk persentase.Hasil penelitian
ini menunjukkan bahwa tanggapan peserta didik SMP N 3 Sleman terhadap pembelajaran pendidikan jasmani
olahraga dan kesehatan dengan model pembelajaran kooperatif teknik jigsaw pada permainan bola besar yang
berkategori sangat baik 14 orang atau 8,00%, baik 140 orang atau 80%, cukup baik 21 orang atau 12,00%, tidak
baik 0 orang atau 0% dan sangat tidak baik 0 orang atau 0%.

Kata Kunci : tanggapan, model pembelajaran, penjasorkes
 

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.