HUBUNGAN ANTARA LATAR BELAKANG PENDIDIKAN DAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR ANATOMI MAHASISWA PJKR FIK UNY ANGKATAN 2016
Dimyati ., , Indonesia
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk membuktikan bahwa terdapat hubungan antara latar belakang
pendidikan, motivasi belajar dan prestasi belajar Anatomi Mahasiswa PJKR FIK UNY Angkatan 2016.
Penelitian ini termasuk pada penelitian korelasional, dengan pendekatan kuantitatif, dan menggunakan
metode analisis statistik inferensial. Analisis data dilakukan dengan analisis regresi linier sederhana dan
analisis regresi linier berganda. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Metode
pengumpulan data dengan menggunakan angket/kuisioner dan studi dokumentasi. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara : (1) latar belakang pendidikan dengan
prestasi belajar Anatomi Mahasiswa PJKR Angkatan 016 di FIK UNY Tahun Ajaran 2016/2017 (nilai
signifikansi = 0,049 ), (2) motivasi belajar dengan prestasi belajar Anatomi Mahasiswa PJKR
Angkatan 2016 di FIK UNY Tahun Ajaran 2016/2017 (nilai signifikansi = 0,000), (3) Latar
belakang pendidikan dan Motivasi Belajar secara bersama sama dengan Prestasi Belajar (F = 59.690, nilai
signifikansi = 0.000)
Kata kunci: Latar Belakang Pendidikan, Prestasi Belajar, Motivasi Belajar, Anatomi
pendidikan, motivasi belajar dan prestasi belajar Anatomi Mahasiswa PJKR FIK UNY Angkatan 2016.
Penelitian ini termasuk pada penelitian korelasional, dengan pendekatan kuantitatif, dan menggunakan
metode analisis statistik inferensial. Analisis data dilakukan dengan analisis regresi linier sederhana dan
analisis regresi linier berganda. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Metode
pengumpulan data dengan menggunakan angket/kuisioner dan studi dokumentasi. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara : (1) latar belakang pendidikan dengan
prestasi belajar Anatomi Mahasiswa PJKR Angkatan 016 di FIK UNY Tahun Ajaran 2016/2017 (nilai
signifikansi = 0,049 ), (2) motivasi belajar dengan prestasi belajar Anatomi Mahasiswa PJKR
Angkatan 2016 di FIK UNY Tahun Ajaran 2016/2017 (nilai signifikansi = 0,000), (3) Latar
belakang pendidikan dan Motivasi Belajar secara bersama sama dengan Prestasi Belajar (F = 59.690, nilai
signifikansi = 0.000)
Kata kunci: Latar Belakang Pendidikan, Prestasi Belajar, Motivasi Belajar, Anatomi
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.