KETERAMPILAN MENGAJAR GURU PENDIDIKAN JASMANI DALAM PEMBELAJARAN PENJASORKES DI SMA NEGERI SE-KECAMATAN KEBUMEN TAHUN AJARAN 2016/2017

Muhammad Izzat Fasya, , Indonesia
Wawan S. Suherman, , Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterampilan mengajar guru Penjasorkes dalam pembelajaran
Penjasorkes di SMA Negeri se-Kecamatan Kebumen. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Metode yang
digunakan adalah survei. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi. Populasi dalam penelitian ini
adalah guru penjasorkes di SMA Negeri se-Kecamatan Kebumen yang berjumlah 8 guru dari 2 SMA Negeri di
Kebumen. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif yang disajikan dalam bentuk persentase.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan mengajar guru Penjasorkes dalam pembelajaran Penjasorkes di
SMA Negeri se-Kecamatan Kebumen berada pada kategori “sangat kurang” sebesar 0% (0 guru), “kurang” 12,5% (1
guru), “cukup” 62,5% (5 guru), “baik” 12,5% (1 guru), dan “sangat baik” 12,5% (1 guru). Sebagian besar guru
Penjasorkes di SMA Negeri se-Kecamatan Kebumen memiliki keterampilan mengajar yang cukup baik

Kata kunci: keterampilan mengajar, guru Penjasorkes, pembelajaran Penjasorkes


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.