PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW

Ivone Y.K Bulan,

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan proses pembelajaran dan keterampilan berbicara menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) kolaboratif, menggunakan model Kemmis dan Taggart. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 1 Blunyahan dengan subjek penelitian seluruh siswa kelas IV SD Negeri 1 Blunyahan yang berjumlah 30 siswa, terdiri dari 11 siswa perempuan dan 19 siswa laki-laki. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah tes unjuk kerja, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis data kualitatif dan kuantitatif. Penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas IV SD Negeri 1 Blunyahan. Proses pembelajaran keterampilan berbicara menunjukan siswa aktif dan antusias dalam mengikuti pembelajaran. Dilihat dari hasilnya, peningkatan keterampilan berbicara pada siklus I sebesar 1,7, dari kondisi awal 64,7 meningkat menjadi 66,4. Pada siklus II meningkat sebesar 11,3 dari kondisi awal 64,7 meningkat menjadi 76.

Kata kunci : Keterampilan berbicara, model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw

 

Abstract

This study aimed to improve the learning process and the speaking skill using the cooperative learning model of the jigsaw type. This was a collaborative classroom action research (CAR) study using Kemmis and McTaggart’s model. It was conducted at SD Negeri 1 Blunyahan, involving the research subjects who were Grade IV students of SD Negeri 1 Blunyahan with a total of 30 students, consisting of 11 female students and 19 male students. The data collecting methods were performance tests, observations, and documentation. The data analysis techniques were qualitative and quantitative data analysis techniques. The study showed that learning through the use of the cooperative model of the jigsaw type was capable of improving the speaking skill of Grade IV students of SD Negeri 1 Blunyahan. The learning process of the speaking skill showed that the students were active and enthusiastic in attending the class. The results showed that the improvement of the speaking skill in Cycle I was 1.7, from 64.7 in the initial condition to 66.4. In Cycle II, it improved again by 11.3, from 64.7 in the initial condition to 76.

Keywords: speaking skill, cooperative learning model of jigsaw type


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.