PERSEPSI GURU PENJAS DI KABUPATEN KULON PROGO TERHADAP KOMPETENSI MAHASISWA PPL PROGRAM STUDI PGSD PENJAS FIK UNY TAHUN 2016
Abstract
Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa positif persepsi Guru Penjas di
Kabupaten Kulon Progo terhadap kompetensi mahasiswa PPL program studi PGSD Penjas FIK UNY
tahun 2016. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Metode yang digunakan dalam
penelitian ini adalah metode survei. Instrumen yang digunakan adalah angket. Penyusunan instrumen
menggunakan langkah-langkah: mendefinisikan konstruk, menyidik faktor, dan menyusun butir-butir
pernyataan. Setelah instrumen tersusun, instrumen tersebut dikonsultasikan kepada ahli selanjutnya
diuji validitas dan reliabilitasnya. Populasi dalam penelitian ini adalah 12 Guru Penjas dari 10 SD di
Kabupaten Kulon Progo yang pada tahun 2016 sekolah tempat mengajarnya digunakan tempat PPL
mahasiwa Program studi PGSD Penjas FIK UNY. Teknik analisis data menggunakan analisis deskritif
kuantitatif dengan persentase yang dikategorikan menjadi 4 kategori yaitu positif, cuku positif, kurang
positif dan negatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi Guru Penjas di Kabupaten Kulon
Progo Terhadap Kompetensi Mahasiswa PPL Program Studi PGSD Penjas FIK UNY tahun 2016
secara keseluruhan positif. Secara rinci menunjukkan sebanyak 83.33 % Guru Penjas memiliki
persepsi positif, 16.67 % Guru Penjas memiliki persepsi cukup positif, 0 % Guru Penjas memiliki
persepsi kurang positif dan 0 % Guru Penjas memiliki persepsi negatif.
Kata kunci : kompetensi, mahasiswa, PPL.
Abstract
The research objective is to find out how positive the perception of Physical Education
Teacher in Kulon Progo Regency on the competence of PPL students of PGSD Penjas (Physical
Education Teacher Education for Elementary School) Study Program in FIK UNY in 2016 is. This
research was descriptive quantitative research. The method used in this research was by survey
method. The instrument used was by questionnaire. The instrument arrangement used the steps:
defining the construct, investigating factors, and compiling the statement items. After the instrument
was composed, the instrument was consulted to the expert and then tested its validity and reliability.
The population of the research was 12 teachers of Physical Education from 10 elementary schools in
Kulon Progo Regency in 2016 where the school was used as PPL (Field Practicum Program) students
of PGSD Penjas Study Program in FIK UNY. The data analysis techniques employed descriptive
quantitative analysis with percentage categorized into 4 categories; positive, quite positive, less
positive and negative. The results show that the perception of Physical Education Teacher in Kulon
Progo Regency on the competence of PPL students of PGSD Penjas Study Program in FIK UNY in
2016 is overall in positive category. In details, it is indicated by 83.33% of teachers have positive
perception, 16.67% of the teachers have quite positive perception, 0% of the teacher has less positive
perception, and 0% of the teacher has negative perception..
Keywords: Competency, Student, PPL.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa positif persepsi Guru Penjas di
Kabupaten Kulon Progo terhadap kompetensi mahasiswa PPL program studi PGSD Penjas FIK UNY
tahun 2016. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Metode yang digunakan dalam
penelitian ini adalah metode survei. Instrumen yang digunakan adalah angket. Penyusunan instrumen
menggunakan langkah-langkah: mendefinisikan konstruk, menyidik faktor, dan menyusun butir-butir
pernyataan. Setelah instrumen tersusun, instrumen tersebut dikonsultasikan kepada ahli selanjutnya
diuji validitas dan reliabilitasnya. Populasi dalam penelitian ini adalah 12 Guru Penjas dari 10 SD di
Kabupaten Kulon Progo yang pada tahun 2016 sekolah tempat mengajarnya digunakan tempat PPL
mahasiwa Program studi PGSD Penjas FIK UNY. Teknik analisis data menggunakan analisis deskritif
kuantitatif dengan persentase yang dikategorikan menjadi 4 kategori yaitu positif, cuku positif, kurang
positif dan negatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi Guru Penjas di Kabupaten Kulon
Progo Terhadap Kompetensi Mahasiswa PPL Program Studi PGSD Penjas FIK UNY tahun 2016
secara keseluruhan positif. Secara rinci menunjukkan sebanyak 83.33 % Guru Penjas memiliki
persepsi positif, 16.67 % Guru Penjas memiliki persepsi cukup positif, 0 % Guru Penjas memiliki
persepsi kurang positif dan 0 % Guru Penjas memiliki persepsi negatif.
Kata kunci : kompetensi, mahasiswa, PPL.
Abstract
The research objective is to find out how positive the perception of Physical Education
Teacher in Kulon Progo Regency on the competence of PPL students of PGSD Penjas (Physical
Education Teacher Education for Elementary School) Study Program in FIK UNY in 2016 is. This
research was descriptive quantitative research. The method used in this research was by survey
method. The instrument used was by questionnaire. The instrument arrangement used the steps:
defining the construct, investigating factors, and compiling the statement items. After the instrument
was composed, the instrument was consulted to the expert and then tested its validity and reliability.
The population of the research was 12 teachers of Physical Education from 10 elementary schools in
Kulon Progo Regency in 2016 where the school was used as PPL (Field Practicum Program) students
of PGSD Penjas Study Program in FIK UNY. The data analysis techniques employed descriptive
quantitative analysis with percentage categorized into 4 categories; positive, quite positive, less
positive and negative. The results show that the perception of Physical Education Teacher in Kulon
Progo Regency on the competence of PPL students of PGSD Penjas Study Program in FIK UNY in
2016 is overall in positive category. In details, it is indicated by 83.33% of teachers have positive
perception, 16.67% of the teachers have quite positive perception, 0% of the teacher has less positive
perception, and 0% of the teacher has negative perception..
Keywords: Competency, Student, PPL.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.