E-Journal PGSD Penjas.....Edisi.....Tahun 2017 TINGKAT PENGETAHUAN DAN PEMAHAMAN GURU PENDIDIKAN JASMANI OLAHARAGA DAN KESEHATAN TENTANG MEDIA PEMBELAJARAN DI SEKOLAH DASAR SE-GUGUS II KECAMATAN IMOGIRI
Abstract
Abstrak
Media pembelajaran memberi kontribusi terhadap kegiatan pembelajaran apabila sarana dan prasaranatersedia dengan baik. Oleh karena itu penting bagi guru Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan untuk
memiliki pengetahuan tentang media pembelajaran yang komprehensif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahuiTingkat Pengetahuan Dan Pemahaman Guru Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan Tentang MediaPembelajaran di Sekolah Dasar se-Gugus II Kecamatan Imogiri. Jenis penelitian ini merupakan penelitiandeskriptif kuantitatif dengan metode survei. Populasi penelitian ini yaitu Guru Pendidikan Jasmani Olahraga danKesehatan di Sekolah Dasar se-Gugus II Kecamatan Imogiri ada sebanyak 8 Sekolah Dasar dengan jumlah 9 GuruPendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan. Instrumen yang digunakan adalah tes pengetahuan dan pemahamandengan soal pilihan ganda. Validitas instrumen yang digunakan adalah validitas konstruk. Analisis data
menggunakan teknik deskriptif yang dituangkan dalam bentuk persentase dan dikelompokkan menjadi limakategori yaitu: sangat tinggi, tinggi, sedang, rendah, dan sangat rendah. Hasil penelitian menunjukkan bahwaTingkat Pengetahuan Dan Pemahaman Guru Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan Tentang MediaPembelajaran di Sekolah Dasar se-Gugus II Kecamatan Imogiri berada pada kategori sangat tinggi sebesar 44.44%(4 responden), kategori tinggi sebesar 44.44% (4 responden), kategori sedang sebesar 11.12% (1 responden),
kategori rendah sebesar 0.00% (0 responden), kategori sangat rendah sebesar 0.00% (0 responden). Berdasarkanhasil tersebut dapat diartikan Tingkat Pengetahuan Dan Pemahaman Guru Pendidikan Jasmani Olahraga danKesehatan Tentang Media Pembelajaran di Sekolah Dasar se-Gugus II Kecamatan Imogiri adalah baik.
Kata kunci : tingkat pengetahuan dan pemahaman, guru Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan, media
pembelajaran, Sekolah Dasar
Abstract
Learning media contribute to learning activities when facilities and infrastructure are properly available. It
is therefore important for teachers of Physical Education, Sport, and Health to have comprehensive knowledge oflearning media. This study aims to find out the levels of knowledge and understanding of learning media among
teachers of Physical Education, Sport, and Health at in elementary schools in Cluster II of Imogiri District. This
was quantitative descriptive study using the survey method. The research population comprised teachers ofPhysical Education, Sport, and Health in 8 elementary schools in Cluster II of Imogiri District with a total of 9teachers. The instrument was a test of knowledge and understanding with multiple choice questions. The instrumentvalidity used was the construct validity. The data were analyzed by the descriptive technique using percentagesgrouped into five categories, i.e.: very high, high, medium, low, and very low. The results of the study show thatregarding the levels of knowledge and understanding of learning media among teachers of Physical Education,Sport, and Health in elementary schools in Cluster II of Imogiri District, 44.44% (4 respondents) are in the very
high category, 44.44% (4 respondents) in the high category, 11.12% (1 respondent) in the medium category, 0.00%(0 respondent) in the low category, and 0.00% (0 respondent) in the very low category. Based on these results, itcan be interpreted the levels of knowledge and understanding of learning media among teachers of PhysicalEducation, Sport, and Health in elementary schools in Cluster II of Imogiri District are good.
Keywords: level of knowledge and understanding, Physical Education Sport and Health teachers, learning media,
Elementary School.
Media pembelajaran memberi kontribusi terhadap kegiatan pembelajaran apabila sarana dan prasaranatersedia dengan baik. Oleh karena itu penting bagi guru Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan untuk
memiliki pengetahuan tentang media pembelajaran yang komprehensif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahuiTingkat Pengetahuan Dan Pemahaman Guru Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan Tentang MediaPembelajaran di Sekolah Dasar se-Gugus II Kecamatan Imogiri. Jenis penelitian ini merupakan penelitiandeskriptif kuantitatif dengan metode survei. Populasi penelitian ini yaitu Guru Pendidikan Jasmani Olahraga danKesehatan di Sekolah Dasar se-Gugus II Kecamatan Imogiri ada sebanyak 8 Sekolah Dasar dengan jumlah 9 GuruPendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan. Instrumen yang digunakan adalah tes pengetahuan dan pemahamandengan soal pilihan ganda. Validitas instrumen yang digunakan adalah validitas konstruk. Analisis data
menggunakan teknik deskriptif yang dituangkan dalam bentuk persentase dan dikelompokkan menjadi limakategori yaitu: sangat tinggi, tinggi, sedang, rendah, dan sangat rendah. Hasil penelitian menunjukkan bahwaTingkat Pengetahuan Dan Pemahaman Guru Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan Tentang MediaPembelajaran di Sekolah Dasar se-Gugus II Kecamatan Imogiri berada pada kategori sangat tinggi sebesar 44.44%(4 responden), kategori tinggi sebesar 44.44% (4 responden), kategori sedang sebesar 11.12% (1 responden),
kategori rendah sebesar 0.00% (0 responden), kategori sangat rendah sebesar 0.00% (0 responden). Berdasarkanhasil tersebut dapat diartikan Tingkat Pengetahuan Dan Pemahaman Guru Pendidikan Jasmani Olahraga danKesehatan Tentang Media Pembelajaran di Sekolah Dasar se-Gugus II Kecamatan Imogiri adalah baik.
Kata kunci : tingkat pengetahuan dan pemahaman, guru Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan, media
pembelajaran, Sekolah Dasar
Abstract
Learning media contribute to learning activities when facilities and infrastructure are properly available. It
is therefore important for teachers of Physical Education, Sport, and Health to have comprehensive knowledge oflearning media. This study aims to find out the levels of knowledge and understanding of learning media among
teachers of Physical Education, Sport, and Health at in elementary schools in Cluster II of Imogiri District. This
was quantitative descriptive study using the survey method. The research population comprised teachers ofPhysical Education, Sport, and Health in 8 elementary schools in Cluster II of Imogiri District with a total of 9teachers. The instrument was a test of knowledge and understanding with multiple choice questions. The instrumentvalidity used was the construct validity. The data were analyzed by the descriptive technique using percentagesgrouped into five categories, i.e.: very high, high, medium, low, and very low. The results of the study show thatregarding the levels of knowledge and understanding of learning media among teachers of Physical Education,Sport, and Health in elementary schools in Cluster II of Imogiri District, 44.44% (4 respondents) are in the very
high category, 44.44% (4 respondents) in the high category, 11.12% (1 respondent) in the medium category, 0.00%(0 respondent) in the low category, and 0.00% (0 respondent) in the very low category. Based on these results, itcan be interpreted the levels of knowledge and understanding of learning media among teachers of PhysicalEducation, Sport, and Health in elementary schools in Cluster II of Imogiri District are good.
Keywords: level of knowledge and understanding, Physical Education Sport and Health teachers, learning media,
Elementary School.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.