PEMAHAMAN TUJUAN PENJAS OLEH GURU PENJAS DI SD NEGERI 03 BANDAR KECAMATAN BANDAR KABUPATEN BATANG
Abstract
Abstrak
Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui pemahaman guru penjas di SD Negeri Bandar 03
Kecamatan Bandar Kabupaten Batang tentang tujuan penjas yang diatur dalam BSNP tahun 2006.
Penelitian ini merupakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah guru
PJOK di SD Negeri Bandar 03 Kecamatan Bandar Kabupaten Batang. Metode penelitian menggunakan
survei. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi sebagai data
penunjang. Instrument penelitian berupa pedoman wawancara, pedoman observasi, dan pedoman
dokumentasi. Untuk menganalisis data terdiri dari tiga alur, mulai dari reduksi data, penyajian data, dan
penarikan kesimpulan. Hasil Penelitian pemahaman tujuan penjas oleh guru PJOK di SD Negeri Bandar 03
berdasarkan observasi guru mempunyai pemahaman yang cukup mumpuni, berdasarkan wawancara
terhadap guru dapat memahami pertanyaan dari peneliti dan dapat menjelaskan dengan jelas, sedangkan
berdasarkan dokumentasi didapatkan guru tidak menyiapkan RPP. Berdasarkan ketiga teknik pengumpulan
data dapat disimpulkan pemahaman tujuan penjas oleh guru PJOK di SD Negeri Bandar 03 sudah baik
dalam menerapkan tujuan penjas dalam setiap pembelajaran . akan tetapi dalam perencanaan pembelajaran
guru belum membuat sendiri, sehingga kompetensi dasar yang ingin dicapai belum tercapai dengan baik.
Kata Kunci : Pemahaman, tujuan pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan, guru pendidikan jasmani
olahraga dan kesehatan.
Abstract
The purpose of this study was to determine the understanding of physical education teachers in Elementary
School Bandar 03 Batang, on physical education objectives set out in BSNP 2006. This research is a
qualitative descriptive research method. The subjects in this study were teachers of PJOK in Elementary
School Bandar 03 Batang. The research method that used in this research was survey. Technique of
collecting data using interview, observation, and documentation as supporting data. Research instrument in
the form of interview, observation, and guidance documentation. To analyze the data consists of three
strands, ranging from data reduction, data presentation, and conclusion. The result of the research of
understanding of the targeting of PJOK teacher in Elementary School Bandar 03 based on teacher's
observation has a sufficiently qualified understanding, based on interview to the teacher can understand the
question of research and can explain, the teacher does not prepare the RPP. Based on the three techniques
of data collection, it can be concluded that the understanding of the poultry objectives by the PJOK teacher
in Elementary School Bandar 03 has been good in applying the poultry objectives in every learning, but in
the learning plan the teacher has not made his own, so that the basic competence to be achieved has not
been achieved well.
Keywords: Understanding, the purpose of physical education of sport and health, physical education
teacher of sport and health
Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui pemahaman guru penjas di SD Negeri Bandar 03
Kecamatan Bandar Kabupaten Batang tentang tujuan penjas yang diatur dalam BSNP tahun 2006.
Penelitian ini merupakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah guru
PJOK di SD Negeri Bandar 03 Kecamatan Bandar Kabupaten Batang. Metode penelitian menggunakan
survei. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi sebagai data
penunjang. Instrument penelitian berupa pedoman wawancara, pedoman observasi, dan pedoman
dokumentasi. Untuk menganalisis data terdiri dari tiga alur, mulai dari reduksi data, penyajian data, dan
penarikan kesimpulan. Hasil Penelitian pemahaman tujuan penjas oleh guru PJOK di SD Negeri Bandar 03
berdasarkan observasi guru mempunyai pemahaman yang cukup mumpuni, berdasarkan wawancara
terhadap guru dapat memahami pertanyaan dari peneliti dan dapat menjelaskan dengan jelas, sedangkan
berdasarkan dokumentasi didapatkan guru tidak menyiapkan RPP. Berdasarkan ketiga teknik pengumpulan
data dapat disimpulkan pemahaman tujuan penjas oleh guru PJOK di SD Negeri Bandar 03 sudah baik
dalam menerapkan tujuan penjas dalam setiap pembelajaran . akan tetapi dalam perencanaan pembelajaran
guru belum membuat sendiri, sehingga kompetensi dasar yang ingin dicapai belum tercapai dengan baik.
Kata Kunci : Pemahaman, tujuan pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan, guru pendidikan jasmani
olahraga dan kesehatan.
Abstract
The purpose of this study was to determine the understanding of physical education teachers in Elementary
School Bandar 03 Batang, on physical education objectives set out in BSNP 2006. This research is a
qualitative descriptive research method. The subjects in this study were teachers of PJOK in Elementary
School Bandar 03 Batang. The research method that used in this research was survey. Technique of
collecting data using interview, observation, and documentation as supporting data. Research instrument in
the form of interview, observation, and guidance documentation. To analyze the data consists of three
strands, ranging from data reduction, data presentation, and conclusion. The result of the research of
understanding of the targeting of PJOK teacher in Elementary School Bandar 03 based on teacher's
observation has a sufficiently qualified understanding, based on interview to the teacher can understand the
question of research and can explain, the teacher does not prepare the RPP. Based on the three techniques
of data collection, it can be concluded that the understanding of the poultry objectives by the PJOK teacher
in Elementary School Bandar 03 has been good in applying the poultry objectives in every learning, but in
the learning plan the teacher has not made his own, so that the basic competence to be achieved has not
been achieved well.
Keywords: Understanding, the purpose of physical education of sport and health, physical education
teacher of sport and health
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.