FAKTOR PENGHAMBAT BELAJAR PASSING BAWAH PERMAINAN BOLAVOLI KELAS V ANGKATAN TAHUN 2016/2017 DI SDN TEGALPANGGUNG KECAMATAN DANUREJAN YOGYAKARTA

David Nur Kuncoro,

Abstract




Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mengidentifikasi faktor penghambat belajar
passing bawah permainan bolavoli di SDN Tegalpanggung Kecamatan Danurejan Yogyakarta.
Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif kuantitatif. Metode yang dilakukan dalam
penelitian ini adalah metode survei. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN
Tegalpanggung angkatan 2016/2017 yang berjumlah 32 siswa. penelitian ini menggunakan semua
populasi untuk dijadikan responden penelitian. Instrumen penelitian ini menggunakan angket yang
berjumlah 41 pernyataan yang terdiri dari faktor internal (Jasmani, Psikologis, Kelelahan) dan
faktor eksternal (keluarga, sekolah, dan, masyarakat). Instrumen yang digunakan mempunyai nilai
reliabilitas 0.741. Teknik analisis yang digunakan adalah statistik deskriptif kuantitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor penghambat belajar passing bawah permainan
bolavoli di SDN Tegalpanggung Kecamatan Danurejan Yogyakarta adalah  sebanyak 0 responden
(00.00%) menyatakan Sangat Tinggi, 1 responden (3.13%) menyatakan Tinggi, 31 responden
(96.87%) menyatakan Rendah, dan 0 responden (00.00%) menyatakan Sangat Rendah. Dari hasil
tersebut, dapat disimpulkan bahwa faktor penghambat belajar passing bawah dalam permainan
bola voli di SDN Tegalpanggung Kecamatan Danurejan Yogyakarta adalah “Rendah” mencapai
96.87%.
Kata kunci : Penghambat Belajar, Passing bawah permainan bolavoli, Siswa kelas V SDN
Tegalpanggung

Abstract
The research intends to determine and identify the obstacle factors in forearmpass
learning of the volleyball game in SDN (State Elementary School) TegalpanggungDanurejan
District Yogyakarta.
This research was descriptive quantitativeresearch. The method used in this research was
by survey method. The population of theresearch was the fifth grade students of SDN
Tegalpanggungacademic year 2016/2017 of 32 students. This study used all the populations to be
the respondents of the research. The instrument of the research was by questionnaireof 41
statements consisting of internal factors (Physical, Psychological, Fatigue) and external factors
(family, school, and community). The instrument used had reliability value 0.741. The analysis
technique used wasby descriptive quantitativestatistics.
The result of the research showthat the obstacle factor of forearm pass learning of
volleyball game in SDN TegalpanggungDanurejanDistrict Yogyakarta is; 0 respondent (00.00%)
stating Very High, 1 respondent (3.13%) stating  High, 31 respondents (96.87%) stating  Low, and
0 respondent (00.00%) stating Very Low. From these results, it can be concluded that the obstacle
factor of forearm pass learning in volleyball game in SDN TegalpanggungDanurejanDistrict
Yogyakarta is "Low" by 96.87%.  
Keywords: Learning obstacle, forearm pass volleyball game, Fifth Grade Studentsof SDN
Tegalpanggung

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.