PEMAHAMAN SISWA KELAS IV DAN V TERHADAP PEMBELAJARAN PERMAINAN TRADISIONAL SEKOLAH DASAR NEGERI SUTRAN KECAMATAN BANTUL KABUPATEN BANTUL

Febrian - Nugroho,

Abstract


Abstrak
Penelitian ini berangkat dari permasalahan kurang tertariknya serta minat siswa kelas IV dan
V terhadap materi pembelajaran permainan tradisional. Tujuan dilakukan penelitian ini adalah untuk
mengetahui pemahaman siswa kelas IV dan V terhadap pembelajaran permainan tradisional di
Sekolah Dasar Negeri Sutran Kecamatan Bantul Kabupaten Bantul. Penelitian ini adalah penelitian
deskriptif kuantitatif menggunakan metode survei. Instrumen penelitian berupa tes pemahaman siswa
kelas IV dan V terhadap pembelajaran permainan tradisional. Populasi penelitian ini adalah seluruh
siswa kelas IV dan V Sekolah Dasar Negeri Sutran Kecamatan Bantul Kabupaten Bantul yang
berjumlah 69 siswa. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dengan
pemaparan data dalam bentuk persetase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pemahaman Siswa
Kelas IV dan V Terhadap Pembelajaran Permainan Tradisional Sekolah Dasar Negeri Sutran
Kecamatan Bantul Kabupaten Bantul paling banyak pada kategori sedang. Secara rinci persentase
hasil penelitian adalah sangat baik 10,14%; baik 26,09%; sedang 39,13%; rendah 10,40%; dan sangat
rendah 14,50%.

Kata Kunci: Pemahaman, Siswa Kelas IV dan V, Pembelajaran Permainan Tradisional
 
Abstract
The research is risen from the problem of the lack of interest of the IV and V grade students in
the learning of traditional games subject lesson. The aims of the research is to find out the
understanding of the IV and V grade students on the traditional games learning at the State
Elementary School of Sutran Bantul in Bantul Regency. The research is quantitative descriptive using
survey method. The instrument of the research is the understanding test of the IV and V grade students
on the traditional games learning. The research population is all of the students of the IV and V grade
students at the State Elementary School of Sutran Bantul in Bantul Regency the students are 69 in
number. The data analysis technique uses quantitative descriptive with data explanation in the form of
percentage. The result of the research shows that the Understanding of the IV and V Grade Students
on the Traditional Games Learning at the State Elementary School of Sutran Bantul in Bantul
Regency is mostly in medium category. In detail, the percentage of the research result is very good
10,14%; good 26,09%; medium 39,13%; low 10,40%; and very low 14,50%.

Keywords: Understanding, IV and V Grade Students, Traditional Games Learning.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.