PENGARUH PELAKSANAAN DOKTER KECIL TERHADAP PERILAKU HIDUP BERSIHDAN SEHAT SISWA DI SD NEGERI SLEMAN 3 SRIMULYO TRIHARJO KABUPATEN SLEMAN

Evi Mardikawati Putri,

Abstract


Abstrak
Penelitian ini dilatar belakangi oleh program pelaksanaan dokter kecil dan perilaku hidup bersih sehat
siswa di lingkungan tatanan institusi pendidikan masih belum berjalan secara maksimal. Penelitian ini bertujuan
untuk mengetahui pengaruh pelaksanaan dokter kecil terhadap perilaku hidup bersih sehat siswa di SD Negeri
Sleman 3 Srimulyo Triharjo Kabupaten Sleman.
Penelitian merupakan penelitian komparatif. Populasi yang digunakan adalah  siswa klas III, IV, V SD Negeri
Sleman 3 Srimulyo Triharjo Kabupaten Sleman . Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 20 siswa
dokter kecil dan 20 siswa yang tidak mengikuti dokter kecil dengan teknik pengambilan sampel yaitu purposive
sampling. Teknik pengambilan data dalam penelitian ini dengan survai. Instrumen yang digunakan dalam
penelitian ini adalah angket. Teknik analisis data menggunakan uji-t.
Berdasarkan hasil penelitian yang telah diperoleh bahwa  p=0.161 (> 0.05), Dengan demikian dapat disimpulkan
bahwa tidak ada perbedaan pelaksanaan dokter kecil terhadap perilaku hidup bersih dan sehat  siswa di SD Negeri
Sleman 3 Srimulyo Triharjo Kabupaten Sleman.

Kata Kunci : dokter kecil, perilaku hidup bersih dan sehat

Abstrack
This research is based on the implementation program of dokter kecil (little doctor) and clean and healthy
life behavior of students in the environment of educational institution that is still not running maximally. The
research aims to determine the influence of the implementation of little doctor on healthy- clean living behavior of
students in SD Negeri (State Elementary School) Sleman 3 Srimulyo Triharjo Sleman Regency.
The research was comparative study. The population used were the students of grade III, IV, V in SD Negeri
Sleman 3 Srimulyo Triharjo Sleman Regency. The samples used in the research were 20 students of little doctors
and 20 students who did not follow little doctor program with sampling collecting technique which was by
purposive sampling. The data collection technique in this research was taken by survey. The instrument usedof the
research was by questionnaire. The data analysis technique employed t-test.
Based on the research results, it is obtained that p=0.161 (> 0.05), thus, it can be concluded that there is no
difference in the implementation of little doctor program on the behavior of clean and healthy living behavior of
students in SD Negeri Sleman 3 Srimulyo Triharjo Sleman Regency.

Keywoords:Doctor small , the clean and healthy living


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.