UPAYA MENINGKATAN PEMBELAJARAN GERAK DASAR LARI JARAK PENDEK MELALUI PENDEKATAN BERMAIN LARI ABC PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 1 PAGERGUNUNG

aria Della Strada Dea Meylinda,

Abstract


Abstrak
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil pembelajaran lari jarak pendek masih dibawah KKM
yaitu kurang dari 75. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatan pembelajaran lari cepat melalui
pendekatan bermain lari ABC pada siswa kelas IV SD Negeri 1 Pagergunung Kecamatan Parakan
Kabupaten Temanggung.Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang berkolaborasi
dengan guru PJOK. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SD Negeri 1 Pagergunung Kecamatan
Parakan Kabupaten Temanggung yang berjumlah 23 orang yang terdiri dari 12 siswa putri dan 11
siswa putra. Penelitian ini, peneliti berkolaborasi dengan guru SD Negeri 1 Pagergunung
merencanakan tindakan pembelajaran yang berlangsung selama 3 siklus. Setiap siklus dilakukan dua
kali tatap muka. Adapun metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah
menggunakan lembar pengamatan dan angket, dilakukan oleh peneliti dan kolabolator.Hasil
penelitian menunjukkan bahwa pendekatan bermain dapat meningkatkan pembelajaran lari cepat
untuk kelas IV SD Negeri 1 Pagergunung Kecamatan Parakan Kabupaten Temanggung. Berdasarkan
hasil angket, terlihat keaktifan dan rasa senang dikategorikan baik, sedangkan hasil evaluasi gerak
dasar lari cepat pada siklus 1 sebesar 60,87% siswa yang mampu melakukan gerakan lari jarak pendek
dengan benar, pada siklus 2 meningkat menjadi 78,26% siswa, dan meningkat pada siklus 3, yaitu
sebesar 100% siswa yang mampu melakukan gerakan lari cepat dengan benar.    
Kata kunci: Lari Cepat, Pendekatan Bermain
 
Abstract
The research background is that the result of sprint learning is still under KKM (Minimum
Completeness Criteria) of which is less than 75. The research intends to improve the sprint learning
through ABC Run Playing Approach of fourth grade students in SD Negeri 1 Pageragung Parakan
District Temanggung Regency. The research was class action research collaborating with PJOK
(Physical Education, Sport, and Health) teachers. The research subjects were the fourth grade students
in SD Negeri (State Elementary School) 1 Pageragung Parakan District Temanggung Regency
totalling of 23 students consisting of 12 female and 22 male students. In the research, the researcher
collaborated with teacher of SD Negeri 1 Pageragung to plan the learning action for three cycles.
Every cycle consisted of two meetings. The data collection technique done  in the research was by
using observation sheet and questionnaire, done by the researcher and the collaborator. The results of
the research show that the playing approach can improve the sprint learning for fourth grade students
in SD Negeri 1 Pagergunung Parakan District Temanggung Regency. Based on the result of the
questionnaire, it shows that the liveliness and the happiness are categorized as good, meanwhile the
result of sprint basic move evaluation on the cycle 1 is 60.87 %, the students who are able to perform
the right sprint on the cycle 2 improve to be 78. 26%, and improve on the cycle 3 to be 100% of the
students can be able to perform right sprint movements.
 
Keywords: Sprint, Playing Approach

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.