PENGARUH PEMANFAATAN INTERNET SEBAGAI SUMBER BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MAHASISWA PGSD PENJAS B DAN C ANGKATAN 2014

Desi Puspita sari,

Abstract



Abstrak
Penelitian ini dilatar belakangi oleh cara belajar mahasiswa dengan menggunakan
internet sebagai sumber belajar untuk mencari referensi atau literatur belajar. Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui berapa besar pengaruh pemanfaatan internet sebagai sumber
belajar terhadap prestasi belajar mahasiswa PGSD penjas B dan C angkatan 2014. Penelitian
ini menggunakan pendekatan kuantitatif menggunakan metode ex-post facto. Instrumen dalam
penelitian ini berupa angket untuk mengetahui pemanfaatan internet dan dokumentasi untuk
mengetahui prestasi belajar (Indeks Prestasi). Subjek penelitian yang digunakan adalah
mahasiswa PGSD Penjas B dan C Angkatan 2014 yang berjumlah 70 orang. Teknik analisis
data menggunakan analisis regresi sederhana dengan analisis product moment dengan taraf
signifikan 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Pemanfaatan internet sebagai sumber
belajar terhadap prestasi belajar mahasiswa PGSD Penjas B dan C Angkatan 2014 (0,506%);
2) Sumber belajar terhadap prestasi belajar memberikan sumbangan (25,6%); dan 3) 74,4%
dipengaruhi faktor lain.
 
Kata kunci: pemanfaatan internet, prestasi belajar, mahasiswa
 
Abstract   
The background of this research was the students’ learning method using internet as
the learning sources to look for the references or learning literature. This research was aimed
to find out how big the influences of internet usage as the learning sources towards the
learning achievement of students in PGSD Penjas B and C Batch 2014. This research used
quantitative approach with ex-post facto method. The instruments in this research were
questionnaire to find out the use of internet and the documents to find out the students’
learning achievement (GPA). The subjects of this research were 70 students of PGSD Penjas
B and C Batch 2014. The technique of data analysis used simple regression analysis with the
product moment analysis with 5% of significance level. The results of the research showed
that: 1) the use of internet as the learning sources influenced the leaning achievement of
students in PGSD Penjas B and C Batch 2014 (0,506%); 2) the learning sources gave
contributions (25,6%) to the learning achievement; and 3) 74,4% was influenced by other
factors.

Keywords: the use of internet, learning achievement, students

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.