TINGKAT PENGETAHUAN TENTANG PERATURAN PERMAINAN FUTSAL PADA SISWA KELAS ATAS DI SD NEGERI 03 SIKASUR KECAMATAN BELIK KABUPATEN PEMALANG JAWA TENGAH
Abstract
Abstrak
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan pengetahuan siswa terhadap peraturan
permainan futsal secara teori masih kurang. Penelitian bertujuan untuk mengetahui tingkat
pengetahuan tentang peraturan permainan futsal pada siswa kelas atas di SD Negeri 03 Sikasur
Kecamatan Belik Kabupaten Pemalang Jawa Tengah. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif.
Metode yang digunakan adalah survei dengan teknik pengambilan data menggunakan tes. Subjek
dalam penelitian ini adalah siswa kelas atas SD Negeri Sikasur Kecamatan Belik Pemalang yang
berjumlah 96 siswa. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif yang dituangkan
dalam bentuk persentase. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa tingkat pengetahuan
tentang peraturan permainan futsal pada siswa kelas atas di SD Negeri 03 Sikasur Kecamatan Belik
Kabupaten Pemalang Jawa Tengah berada pada kategori “sangat rendah” sebesar 4,17% (4 siswa),
kategori “rendah” sebesar 30,21% (29 siswa), kategori “cukup” sebesar 39,58% (38 siswa), kategori
“tinggi” sebesar 19,79% (19 siswa), dan kategori “sangat tinggi” sebesar 6,25% (6 siswa).
Kata Kunci: tingkat pengetahuan, peraturan permainan futsal
Abstract
The research background is a problem related to the lack of students’ theoretical
understanding of futsal game rules. This study aims to find out levels of understanding of futsal game
rules among upper grade students of SD Negeri 03 Sikasur, Belik District, Pemalang Regency,
Central Java. This was a descriptive study. It used the survey method in which the data were
collected by a test. The research subjects were upper grade students of SD Negeri Sikasur, Belik
District, Pemalang, with a total of 96 students. The data analysis technique was the quantitative
descriptive technique using percentages. Based on the results of the study, it can be concluded that
regarding levels of understanding of futsal game rules among upper grade students of SD Negeri 03
Sikasur, Belik District, Pemalang Regency, Central Java, 4.17% (4 students) are very low, 30.21%
(29 students) are low, 39.58% (38 students) are moderate, 19.79% (19 students) are high, and 6.25%
(6 students) are very high.
Keywords: levels of understanding, futsal game rules
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan pengetahuan siswa terhadap peraturan
permainan futsal secara teori masih kurang. Penelitian bertujuan untuk mengetahui tingkat
pengetahuan tentang peraturan permainan futsal pada siswa kelas atas di SD Negeri 03 Sikasur
Kecamatan Belik Kabupaten Pemalang Jawa Tengah. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif.
Metode yang digunakan adalah survei dengan teknik pengambilan data menggunakan tes. Subjek
dalam penelitian ini adalah siswa kelas atas SD Negeri Sikasur Kecamatan Belik Pemalang yang
berjumlah 96 siswa. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif yang dituangkan
dalam bentuk persentase. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa tingkat pengetahuan
tentang peraturan permainan futsal pada siswa kelas atas di SD Negeri 03 Sikasur Kecamatan Belik
Kabupaten Pemalang Jawa Tengah berada pada kategori “sangat rendah” sebesar 4,17% (4 siswa),
kategori “rendah” sebesar 30,21% (29 siswa), kategori “cukup” sebesar 39,58% (38 siswa), kategori
“tinggi” sebesar 19,79% (19 siswa), dan kategori “sangat tinggi” sebesar 6,25% (6 siswa).
Kata Kunci: tingkat pengetahuan, peraturan permainan futsal
Abstract
The research background is a problem related to the lack of students’ theoretical
understanding of futsal game rules. This study aims to find out levels of understanding of futsal game
rules among upper grade students of SD Negeri 03 Sikasur, Belik District, Pemalang Regency,
Central Java. This was a descriptive study. It used the survey method in which the data were
collected by a test. The research subjects were upper grade students of SD Negeri Sikasur, Belik
District, Pemalang, with a total of 96 students. The data analysis technique was the quantitative
descriptive technique using percentages. Based on the results of the study, it can be concluded that
regarding levels of understanding of futsal game rules among upper grade students of SD Negeri 03
Sikasur, Belik District, Pemalang Regency, Central Java, 4.17% (4 students) are very low, 30.21%
(29 students) are low, 39.58% (38 students) are moderate, 19.79% (19 students) are high, and 6.25%
(6 students) are very high.
Keywords: levels of understanding, futsal game rules
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.