PENGEMBANGAN GARIS LAPANGAN PORTABEL GOBAK SODOR PADA PEMBELAJARAN PERMAINAN TRADISIONAL DI SD NEGERI SENDANGADI 1 MLATI KABUPATEN SLEMAN

adnan - Riyanto,

Abstract


Abstrak
Penelitian ini dilatar belakangi karena kurangnya sarana pembelajaran pendidikan
jasmani yang memudahkan guru untuk mengajarkan permaianan tradisional yang lebih
efisien dan efektif. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan garis lapangan portabel
gobak sodor sebagai sarana pembelajaran permainan tradisional dalam pendidikan jasmani.
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development). Tahapan
penelitian pengembangan model Borg & Gall yang telah diadopsi menjadi tujuh tahapan
yaitu : analisis kebutuhan, menyusun perencanaan, mengembangkan produk awal berupa
pembuatan produk awal yang divalidasi oleh ahli materi dan ahli sarana dan prasarana.
Selanjutnya produk diuji cobakan kepada peserta didik melalui uji coba kelompok kecil,
revisi, ujicoba lapangan dan revisi produk akhir. Hasil penelitian menunjukkan uji coba
lapangan garis lapangan portabel gobak sodor yang diujikan kepada peserta didik
menunjukkan kriteria “sangat baik” dengan rerata skor 4,28. Dapat disimpulkan bahwa
pengembangan garis lapangan portabel gobak sodor layak digunakan sebagai sarana
pembelajaran permainan tradisional dalam pelajaran pendidikan jasmani di sekolah.
Kata Kunci : gobak sodor, sarana pembelajaran, permainan tradisional
Abstract
The research background is the lack of physical education learning facilities that facilitate
teachers to teach traditional games more efficiently and effectively. This study aimed to develop a
portable field line for gobak sodor as a traditional game learning facility in physical education. This
was a research and development study. It used Borg & Gall’s development model adapted into seven
stages, i.e. needs analysis, planning, and preliminary product development in the form of preliminary
product making validated by a materials expert and an infrastructure facility expert. Then, the
product was tried out to students through a small-group tryout, revision, a field tryout, and final
product revision. The results of the study showed that the according to the field tryout for the portable
field line for gobak sodor involving the students it was very good with a mean score of 4.28. It can be
concluded that the developed portable field line for gobak sodor is appropriate as a traditional game
learning facility in the physical education subject at school.  
Keywords: gobak sodor, learning facilities, traditional games

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.