TINGKAT KEMAMPUAN MOTORIK KASAR SISWA DI SEKOLAH DASAR NEGERI GEMBONGAN KABUPATEN KULON PROGO

didik - prabowo,

Abstract


Abstrak
Penelitian ini dilatar belakangi oleh belum adanya data mengenai   kemampuan motorik kasar siswa
kelas IV dan V di Sekolah Dasar Negeri Gembongan Kabupaten Kulon Progo. Tujuan dari penelitian
ini untuk mengetahui kemampuan motorik kasar siswa kelas IV dan V Sekolah Dasar Negeri
Gembongan Kabupaten Kulon Progo. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei dengan instrumen berupa tes
pengukuran yang terdiri dari tes lari 40 m, lompat jauh, lari zig-zag, lempar tangkap bola, dan berdiri
satu kaki. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV dan V Sekolah Dasar
Negeri Gembongan Kabupaten Kulon Progo yang berjumlah 40 siswa. Teknik analisis data
menggunakan analisis deskriptif persentase. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa hasil
kemampuan Motorik Kasar Siswa Kelas IV dan V Sekolah Dasar Negeri Gembongan Kabupaten
Kulon Progo yang masuk dalam kategori sangat baik 0%, kategori baik 32,5%, pada kategori sedang
42,5%,  pada kategori kurang 15%, dan pada kategori kurang sekali 10%.
 
Kata kunci: kemampuan motorik,siswa kelas IV dan V SD
Abstract
The research background is that the data on the gross motor ability of student of Grades IV
and V of  Public Elementary School of   Gembongan, Kulon Progo Regency, are not available, this
study aims to invertigate the gross motot ability of student of Grades IV and V of Public Elementary
School of  Gembongan, Kulon Progo Regency.This was a quantitative descriptive study, it used the
survey method and the instruments were tests and measyrements consisting of 40 m running, zig-zag
running, ball throwing and catching, and one legged standing. The research population comprised
student of Grades IV and V of  Public Elementary School of  Gembongan, Kulon Progo Regency, with
a total of 40 student. The data analystis techique was the dessriptive analysis using percentages.
Based on the results of the study, regarding the gross motor ability of students of Grades IV and V of
Public Elementary School of  Gembongan, Kulon Progo Regency, 0% is very good, 32,5% are good,
42,5% are mederate, 15% are poor, and 10% are Very poor.

Keywords: motor ability, student of grades IV and of es.
 
 


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.