PERAN KEGIATAN KELOMPOK KERJA GURU (KKG) DALAM MENUNJANG KOMPETENSI GURU PENDIDIKAN JASMANI SEKOLAH DASAR DI KECAMATAN DLINGO BANTUL YOGYAKARTA
Abstract
ABSTRAK
Guru Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar di Kecamatan Dlingo Bantul Yogyakarta masih
bertumpu dan bergantung pada satu guru pemandu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran
kegiatan Kelompok Kerja Guru (KKG) dalam menunjang kompetensi guru Pendidikan Jasmani Sekolah
Dasar di Kecamatan Dlingo Bantul Yogyakarta.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan instrumen penelitian berupa angket
tertutup sebanyak 30 butir. Hasil uji coba seluruh butir adalah valid, koefisien korelasi semua item/ butir
dengan skor total di peroleh hasil keseluruhan di atas “0,3”; angket juga reliabel karena pengujian ke
efisien reliabilitas instrumen hasilnya di atas ke efisien reliabilitas minimal (0,71 > 0,6). Teknik
pengumpulan data dengan memberikan angket secara langsung kepada guru pendidikan jasmani SD
Negeri se-Kecamatan Dlingo Kabupaten Bantul.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa besarnya hasil peran kegiatan Kelompok Kerja Guru (KKG) dalam
menunjang kompetensi guru Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar di Kecamatan Dlingo Bantul
Yogyakarta, untuk kategori “baik sekali” sebesar 9,10 %; kategori “baik” sebesar 22,73 %; kategori
“sedang” sebesar 27,27 %; kategori “kurang” sebesar 36,36 %; dan kategori “kurang sekali” sebesar 4,54
%.
Kata kunci : Peran KKG, Kompetensi, Guru Penjas, Sekolah Dasar
ABSTRACT
Physical exercise (PE) teachers elementary school in Dlingo Bantul Yogyakarta are still
depending on one scout teacher. This purpose of this research is to find role of Teacher Work Group or
Kelompok Kerja Guru (KKG) and to support PE Teacher’s of elementary school teacher’s competency in
Dlingo Bantul.
This is a descriptive quantitative research with 30 points questionnaire as research instrument. The test
resulst is valid with total score above 0,3. This questionnaire is also reliable because score in this
research is above minimum in efficiency reliability minimum (0,71>0,6). Questionnaire is given directly
to PE teachers of elementary school in Dlingo Bantul Yogyakarta.
Role shows that KKG is proven good for supporting physical exercise of elementary school teacher’s
competency in Dlingo Bantul with score 9,1% excellent, 22,73% good, 27,27% average, 36,36% bad and
4,54% very bad.
Keywords : Role of KKG, competency, physical exercise teachers’s, elementary school.
Guru Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar di Kecamatan Dlingo Bantul Yogyakarta masih
bertumpu dan bergantung pada satu guru pemandu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran
kegiatan Kelompok Kerja Guru (KKG) dalam menunjang kompetensi guru Pendidikan Jasmani Sekolah
Dasar di Kecamatan Dlingo Bantul Yogyakarta.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan instrumen penelitian berupa angket
tertutup sebanyak 30 butir. Hasil uji coba seluruh butir adalah valid, koefisien korelasi semua item/ butir
dengan skor total di peroleh hasil keseluruhan di atas “0,3”; angket juga reliabel karena pengujian ke
efisien reliabilitas instrumen hasilnya di atas ke efisien reliabilitas minimal (0,71 > 0,6). Teknik
pengumpulan data dengan memberikan angket secara langsung kepada guru pendidikan jasmani SD
Negeri se-Kecamatan Dlingo Kabupaten Bantul.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa besarnya hasil peran kegiatan Kelompok Kerja Guru (KKG) dalam
menunjang kompetensi guru Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar di Kecamatan Dlingo Bantul
Yogyakarta, untuk kategori “baik sekali” sebesar 9,10 %; kategori “baik” sebesar 22,73 %; kategori
“sedang” sebesar 27,27 %; kategori “kurang” sebesar 36,36 %; dan kategori “kurang sekali” sebesar 4,54
%.
Kata kunci : Peran KKG, Kompetensi, Guru Penjas, Sekolah Dasar
ABSTRACT
Physical exercise (PE) teachers elementary school in Dlingo Bantul Yogyakarta are still
depending on one scout teacher. This purpose of this research is to find role of Teacher Work Group or
Kelompok Kerja Guru (KKG) and to support PE Teacher’s of elementary school teacher’s competency in
Dlingo Bantul.
This is a descriptive quantitative research with 30 points questionnaire as research instrument. The test
resulst is valid with total score above 0,3. This questionnaire is also reliable because score in this
research is above minimum in efficiency reliability minimum (0,71>0,6). Questionnaire is given directly
to PE teachers of elementary school in Dlingo Bantul Yogyakarta.
Role shows that KKG is proven good for supporting physical exercise of elementary school teacher’s
competency in Dlingo Bantul with score 9,1% excellent, 22,73% good, 27,27% average, 36,36% bad and
4,54% very bad.
Keywords : Role of KKG, competency, physical exercise teachers’s, elementary school.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.