PENGETAHUAN SISWA PADA MACAM MACAM PERMAINANTRADISIONAL DI SD N GADINGAN

Itandi - Henricus,

Abstract


Abstrak
Penelitian ini dilatar belakangi karena belum ada data yang menunjukkan pengetahuan siswa
terhadap permainan tradisional di SD N Gadingan sehingga saya tertarik melakukan penelitian ini. Di
SD N Gadingan, permainan tradisional terlihat semakin tidak populer lagi seiring kemajuan teknologi
yang telah memunculkan berbagai permainan canggih dan sangat mudah di akses dibandingkan
permainan tradisional. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan
pengetahuan siswa pada macam-macam permainan tradisional di SD N Gadingan. Penelitian ini
merupakan penelitian deskriptif dengan menggunakan metode survey, instrumen berupa tes yang
disajikan dalam bentuk tertutup dengan dua pilihan jawaban yaitu: tahu dan tidak tahu. Subjek
penelitian ini adalah siswa kelas atas SD N Gadingan dengan jumlah 91 siswa. Teknik analisis data
yang digunakan dalam menganalisis yaitu teknik statistik deskriptif dengan persentase. Berdasarkan
hasilpenelitian dan pembahasan, diperoleh hasil pengetahuan siswa pada macam-macam permainan
tradisional di SD N Gadingan sebesar 78,65%.  Angka 78,65% adalah siswa yang  mengetahu
imacam-macam permainan tradisional. Sedangkan siswa yang tidak mengetahui macam-macam
permainan tradisional di SD N Gadingan sebanyak 21,35%.
 

Kata Kunci : Permainan tradisional
Abstract
 
The research background is that the data on the students’ knowledge of traditional games at
SDN Gadingan are not available so that the researcher was interested in conducting this study. At
SDN Gadingan, traditional games are getting less and less popular due to the advancement of
technology resulting in a variety of sophisticated games that are more easily accessible than
traditional games. The study aims to investigate and describe the students’ knowledge of a variety of
traditional games at SDN Gadingan. This was a descriptive study using the survey method and the
instrument was a test with closed ended items with two options, namely “I know” and “I don’t know”.
The research subjects were upper grade students of SDN Gadingan with a total of 91 students. The
data analysis technique was the descriptive statistical technique using percentages. Based on the
results of the study and discussion, the students’ knowledge of a variety of traditional games at SDN
Gadingan is 78.65%. This percentage represents the students who know a variety of traditional
games. Meanwhile, the percentage of the students who do not know a variety of traditional games is
21.35%.
Keywords:traditional games

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.