TINGKAT KEMAMPUAN MOTORIK DAN PERSEPTUAL MOTORIK SISWAPESERTA EKSTRAKURIKULER SHORINJI KEMPO DI SEKOLAH DASAR KANISIUS BONOHARJO KULONPROGO TAHUN AJARAN 2016/2017

Aghisna - Megarani,

Abstract


Abstrak

Siswa Sekolah Dasar Kanisius Bonoharjo Kulonprogo yang mengikuti ekstrakurikuler Shorinji
Kempo selama ini kemampuan motorik dan perseptual motoriknya belum diteliti. Atlet Shorinji Kempo
diharapkan memiliki kemampuan motorik dan perseptual motorik yang baik, terlebih dalam
kepemahamannya mengenai cara menendang dan memukul yang efektif. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui seberapa besar tingkat kemampuan motorik dan perseptual motorik siswa yang mengikuti
ekstrakurikuler Shorinji Kempo di Sekolah Dasar Kanisius Bonoharjo Kulonprogo.  
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan metode survei. Teknik
pengumpulan data menggunakan tes dan pengukuran. Instrumen penelitian menggunakan tes kemampuan
motorik dari Nurhasan (2004: 6.6) yang meliputi: kelincahan, koordinasi mata tangan, keseimbangan dan
kecepatan. Tes ini mempunyai validitas sebesar 0,87 dan reliabilitas sebesar 0,93 dan tes perseptual
motorik untuk siswa Sekolah Dasar dari Hari Amirullah Rachman (2004) dengan reliabilitas 0,92. Subjek
penelitian ini adalah seluruh siswa peserta ekstrakurikuler Shorinji Kempo di Sekolah Dasar Kanisius
Bonoharjo Kulonprogo yang berjumlah 10 siswa. Teknik analisis data adalah deskriptif dengan
persentase.
Hasil penelitian kemampuan motorik siswa peserta ekstrakurikuler Shorinji Kempo di Sekolah
Dasar Kanisius Bonohajo Kulonprogo sebagai berikut: terdapat 0 siswa (0,00%) dalam kategori baik
sekali, 3 siswa (30,00%) dalam kategori baik, 5 siswa (50%) dalam kategori sedang, 1 siswa (10,00%)
dalam kategori kurang, dan 1 siswa (10,00%) dalam kategori kurang sekali. Selanjutnya hasil penelitian
kemampuan perseptual motorik siswa peserta ekstrakurikuler Shorinji Kempo di Sekolah Dasar Kanisius
Bonoharjo Kulonprogo sebagai berikut: terdapat 1 siswa (10,00%) dalam kategori baik sekali, 2 siswa
20,00%) dalam kategori baik, 4 siswa (40,00%) dalam kategori sedang, 2 siswa (20,00%) dalam kategori
kurang, dan 1 siswa (10,00%) dalam kategori kurang sekali.
Kata Kunci: Kemampuan Motorik, Perseptual Motorik, Siswa Sekolah Dasar, Ekstrakurikuler Shorinji
Kempo  
Abstract

The motor and motor perceptual abilities of the students in Kanisius Elementary School
Bonoharjo Kulonprogo who were joining Shorinji Kempo extracurricular were not available or
documented yet. Athlete of Shorinji Kempo are expected to have good motor and motor perceptual
abilities, especially for their capability to kick and hit evectively. The purpose of this study was to find out
how the motor and motor perceptual abilities of the students who were joining Shorinji Kempo
extracurricular in Kanisius elementary school Bonoharjo Kulonprogo.  
This study was descriptive quantitative research with survey method. The data collection
echnique was by test and measurement. The research instrument was by motor ability test taken from
Nurhasan (2004: 6.6) consisting: agility, coordination of eye and hand, balance and speed. This test had
0,87 validity and 0,93 reliability, and motor perceptual test for elementary school students taken from
Hari Amirullah Rachman (2004) with 0,92 reliability. The subjects of this research were all Shorinji
Kempo extracurricular member students in Kanisius Elementary School Bonoharjo Kulonprogo, they
were 10 students. The data analysis technique was descriptive using percentage.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.