TINGKAT KOORDINASI MATA, TANGAN, DAN KAKI SISWA TUNAGRAHITA KELAS ATAS SLB NEGERI 1 YOGYAKARTA DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

Estrie Dwi Pamugar,

Abstract


Abstrak
Anak   tunagrahita   mempunyai   keterbatasan   motorik   dalam   gerak,   menyebabkan   anak  
yangberkebutuhan khusus mengalami kendala dalam  kegiatan   pembelajaran.  Adapun   tujuan
penelitian iniadalah untuk mengetahui koordinasi mata, tangan, dan kaki siswa tunagrahita kelas atas
SLB Negeri 1Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif menggunakan metode survei
dengan instrumenberupa tes pengukuran koordinasi mata dan tangan, mata dan kaki, serta mata
tangan dan kaki. Subjekpenelitian yang digunakan  adalah  siswa siswa tunagrahita kelas  atas SLB
Negeri  1 Yogyakarta yangberjumlah 13 anak. Teknik analisis data menggunakan deskriptif dengan
persentase. Berdasarkan hasilpenelitian diketahui kemampuan koordinsi mata dan tangan siswa
tunagrahita kelas atas SLB Negeri 1Yogyakarta   sebagain   besar   memiliki   kategori   yang sangat  
kurang  dengan   persentase   53,84   %.   Hasilpenelitian tes koordinsi mata dan kaki siswa
tunagrahita kelas atas SLB Negeri 1 Yogyakarta sebagainbesar memiliki kategori yang kurang dengan
persentase 46,15 %. Sedangkan hasil penelitian diketahuiKemampuan tes koordinsi mata tangan dan
kaki siswa tunagrahita kelas atas SLB Negeri 1 Yogyakartasebagain besar memiliki kategori yang
kurang dengan persentase 46,15 %.
Kata kunci : Koordinasi, Mata, Tangan, Kaki, Siswa Tuna Grahita

COORDINATION LEVEL OF EYE, HAND, AND FOOT OF RETARDED STUDENTS OFUPPER
CLASS IN SLB NEGERI 1 YOGYAKARTA, YOGYAKARTA SPECIAL REGION
Abstract
Children with mental retardation have limited motor in movements, causing them with specialneeds
have problems in learning activities. The purpose of this research is to investigate the coordinationof
eye, hand, and foot of retarded students of upper class in SLB Negeri 1 Yogyakarta. This research
wasdescriptive research using survey method and instrument in the form of measurement tests of eye
andhand, eye and foot, eye, hand, and foot coordination tests.  The research subjects were retarded
students ofupper class in SLB Negeri 1 Yogyakarta of 13 students. The data were analyzed by using
descriptive inthe form of percentage. Based on the research results, it is revealed that the ability of eye
and handcoordination of retarded students of upper class in SLB Negeri 1 Yogyakarta is the majority
categorized inless category with percentage of 53.84%. The research results of eye and foot
coordination of retardedstudents of  upper class  in SLB  Negeri  1 Yogyakarta  are  mostly  in  less
category with  percentage of46.15%. While the research results of the ability tests of eye, hand, and
foot coordination of retardedstudents of upper class in SLB Negeri 1 Yogyakarta are the majority in
the less category with percentageof 46.15%.
Keywords: Coordination, Eye, Hand, Foot, Retarded Student

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.