TINGKAT KESULITAN BELAJAR PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN SISWA KELAS V SD NEGERI SE KECAMATAN KOTAGEDE YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2015/2016
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kesulitan dalam belajar pendidikan jasmani
olaahraga dan kesehatan siswa kelas V SD Negeri Se kecamatan Kotagede. Penelitian ini merupakan
penelitian deskriptif kuantitatif dengan metode survei dan teknik pengambilan datanya menggunakan
angket. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri se kecamatan Kotagede. Jumlah
siswa tesebut sebanyak 180 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah berbentuk
angket. Uji validitas instrumen menggunakan korelasi bagian total meghasilkan nilai 0,3936 dan uji
reliabilitas instrumen menggunkan rumus Alpha Cronbach menghasilkan nilai 0,720. Teknik analisis data
menggunakan analisis deskriptif yang dituangkan dalam bentuk persentase. Hasil penelitian ini
menunjukkan bahwa tingkat kesulitan dalam belajar pendidikan penjas siswa kelas V di SD N Se
Kecamatan Kotagede Yogyakarta tahun ajaran 2015/2016 adalah (0%) kategori sangat tinggi, 62 siswa
(34,44%) kategori tinggi, 77 siswa (42,78%) kategori sedang, 19 siswa (10,56 %) kategori rendah dan 22
siswa (12,22%) kategori sangat rendah. Apabila di lihat dari frekuensi tiap kategori, dapat disimpulkan
bahwa kesulitan dalam pembelajaran penjas siswa memiliki tingkat kesulitan pada kategori sedang.
Kata kunci: kesulitan, siswa, penjas
Abstract
This study aims to determine the level of difficulties of physical education and health learning
of Elementary School of fifth grade students at Kotagede subdistricts. This research is descriptive
quantitative with survey methods. Data collecting techniques used was questionnaire. The population in
this study were students of grade V at State Elementary School of Kotagede subdistrict with a total of 180
students. The instrument used in this study was a questionnaire form. The validity test of the instrument
using the correlation part with total value of 0.3936 and the reliability test using the Cronbach alpha
formula with the value of 0.720. Data analyses technique used was descriptive analysis in the form of
percentage.The results showed that the level of difficulties of physical education and health learning of
Elementary School of fifth grade students at Kotagede subdistricts in the academic year of 2015/2016
were very high category (0%), high category of 62 students (34.44%), medium category of 77 students
(42,78%), poor category of 19 students (10.56%) and very poor category of 22 students (12.22%). It can
be concluded that difficulties of physical education and health learning was medium category.
Keywords: difficulties, students, physical and health education
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kesulitan dalam belajar pendidikan jasmani
olaahraga dan kesehatan siswa kelas V SD Negeri Se kecamatan Kotagede. Penelitian ini merupakan
penelitian deskriptif kuantitatif dengan metode survei dan teknik pengambilan datanya menggunakan
angket. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri se kecamatan Kotagede. Jumlah
siswa tesebut sebanyak 180 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah berbentuk
angket. Uji validitas instrumen menggunakan korelasi bagian total meghasilkan nilai 0,3936 dan uji
reliabilitas instrumen menggunkan rumus Alpha Cronbach menghasilkan nilai 0,720. Teknik analisis data
menggunakan analisis deskriptif yang dituangkan dalam bentuk persentase. Hasil penelitian ini
menunjukkan bahwa tingkat kesulitan dalam belajar pendidikan penjas siswa kelas V di SD N Se
Kecamatan Kotagede Yogyakarta tahun ajaran 2015/2016 adalah (0%) kategori sangat tinggi, 62 siswa
(34,44%) kategori tinggi, 77 siswa (42,78%) kategori sedang, 19 siswa (10,56 %) kategori rendah dan 22
siswa (12,22%) kategori sangat rendah. Apabila di lihat dari frekuensi tiap kategori, dapat disimpulkan
bahwa kesulitan dalam pembelajaran penjas siswa memiliki tingkat kesulitan pada kategori sedang.
Kata kunci: kesulitan, siswa, penjas
Abstract
This study aims to determine the level of difficulties of physical education and health learning
of Elementary School of fifth grade students at Kotagede subdistricts. This research is descriptive
quantitative with survey methods. Data collecting techniques used was questionnaire. The population in
this study were students of grade V at State Elementary School of Kotagede subdistrict with a total of 180
students. The instrument used in this study was a questionnaire form. The validity test of the instrument
using the correlation part with total value of 0.3936 and the reliability test using the Cronbach alpha
formula with the value of 0.720. Data analyses technique used was descriptive analysis in the form of
percentage.The results showed that the level of difficulties of physical education and health learning of
Elementary School of fifth grade students at Kotagede subdistricts in the academic year of 2015/2016
were very high category (0%), high category of 62 students (34.44%), medium category of 77 students
(42,78%), poor category of 19 students (10.56%) and very poor category of 22 students (12.22%). It can
be concluded that difficulties of physical education and health learning was medium category.
Keywords: difficulties, students, physical and health education
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.