PENGETAHUAN TENTANG CEDERA, PENCEGAHAN DAN PERAWATAN CEDERA SISWA KELAS ATAS SD N 2 BUGISAN PRAMBANAN KLATEN TAHUN 2016
Abstract
Abstrak
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pendidikan jasmani yang berisiko menimbulkan cedera
dan tidak adanya materi pencegahan dan perawatan cedera di buku pegangan siswa. Tujuan
penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan Pengetahuan Tentang Cedera,
Pencegahan dan Perawatan Cedera Siswa Kelas Atas SD N 2 Bugisan Prambanan Klaten Tahun
2016. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan menggunakan metode survei,
instrumen berupa tes pilihan ganda. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa SD N 2
Bugisan Prambanan Klaten dari kelas IV yang berjumlah 15 anak, kelas V berjumlah 12 anak, dan
kelas VI berjumlah 16 anak dengan total keseluruhan berjumlah 43 siswa. Teknik analisis data
yang digunakan dalam menganalisis yaitu teknik statistik deskriptif dengan persentase.
Berdasarkan dari penelitian dan pembahasan diperoleh hasil, kategori sangat tinggi sebanyak 4
siswa (9,3%), kategori tinggi sebanyak 7 siswa (16,3%), kategori sedang sebanyak 22 siswa
(51,2%), kategori rendah sebanyak 8 siswa (18,6%), kategori sangat rendah sebanyak 2 siswa
(4,7%). Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa Pengetahuan Tentang Cedera, Pencegahan
dan Perawatan Cedera Siswa Kelas Atas SD N 2 Bugisan Prambanan Klaten Tahun 2016 termasuk
dalam kategori sedang dengan persentase sebesar 51,2%.
Kata kunci : pengetahuan, pencegahan dan perawatan, cedera
Abstract
This research background is that there is physical education which is potentially to
cause injury and there are no materials of prevention and treatment of injuries in student
handbook. The purpose of this research is to find out and describe the knowledge about
injury, prevention and treatment of injury of upper grade students of SD N 2 Bugisan
Prambanan Klaten in 2016. This research was descriptive by using survey method,
instruments in the form of multiple-choice tests. The population of this research were all
students of SD N 2 Bugisan Prambanan Klaten consisting of 15 fourth grade students, 12
fifth grade students, 16 sixth grade students, for a total of 43 students. The data analysis
technique used in the analysis was the descriptive statistics on the percentage. Based on
the research results and the discussion, the category of very high is 4 students (9.3%),
category of high is 7 students (16.3%), category of medium is 22 students (51.2%),
category of low is 8 students (18.6%), and the category of very low is 2 students (4.7%).
From these results, it can be concluded that the knowledge about injury, prevention and
treatment of injury of upper grade students of SD N 2 Bugisan Prambanan Klaten in 2016
is categorized in medium category with percentage of 51.2%.
Keywords: knowledge, prevention and treatment, injury
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pendidikan jasmani yang berisiko menimbulkan cedera
dan tidak adanya materi pencegahan dan perawatan cedera di buku pegangan siswa. Tujuan
penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan Pengetahuan Tentang Cedera,
Pencegahan dan Perawatan Cedera Siswa Kelas Atas SD N 2 Bugisan Prambanan Klaten Tahun
2016. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan menggunakan metode survei,
instrumen berupa tes pilihan ganda. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa SD N 2
Bugisan Prambanan Klaten dari kelas IV yang berjumlah 15 anak, kelas V berjumlah 12 anak, dan
kelas VI berjumlah 16 anak dengan total keseluruhan berjumlah 43 siswa. Teknik analisis data
yang digunakan dalam menganalisis yaitu teknik statistik deskriptif dengan persentase.
Berdasarkan dari penelitian dan pembahasan diperoleh hasil, kategori sangat tinggi sebanyak 4
siswa (9,3%), kategori tinggi sebanyak 7 siswa (16,3%), kategori sedang sebanyak 22 siswa
(51,2%), kategori rendah sebanyak 8 siswa (18,6%), kategori sangat rendah sebanyak 2 siswa
(4,7%). Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa Pengetahuan Tentang Cedera, Pencegahan
dan Perawatan Cedera Siswa Kelas Atas SD N 2 Bugisan Prambanan Klaten Tahun 2016 termasuk
dalam kategori sedang dengan persentase sebesar 51,2%.
Kata kunci : pengetahuan, pencegahan dan perawatan, cedera
Abstract
This research background is that there is physical education which is potentially to
cause injury and there are no materials of prevention and treatment of injuries in student
handbook. The purpose of this research is to find out and describe the knowledge about
injury, prevention and treatment of injury of upper grade students of SD N 2 Bugisan
Prambanan Klaten in 2016. This research was descriptive by using survey method,
instruments in the form of multiple-choice tests. The population of this research were all
students of SD N 2 Bugisan Prambanan Klaten consisting of 15 fourth grade students, 12
fifth grade students, 16 sixth grade students, for a total of 43 students. The data analysis
technique used in the analysis was the descriptive statistics on the percentage. Based on
the research results and the discussion, the category of very high is 4 students (9.3%),
category of high is 7 students (16.3%), category of medium is 22 students (51.2%),
category of low is 8 students (18.6%), and the category of very low is 2 students (4.7%).
From these results, it can be concluded that the knowledge about injury, prevention and
treatment of injury of upper grade students of SD N 2 Bugisan Prambanan Klaten in 2016
is categorized in medium category with percentage of 51.2%.
Keywords: knowledge, prevention and treatment, injury
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.