TINGKAT KETERAMPILAN BERMAIN SEPAKTAKRAW PESERTA EKSTRAKURIKULER SEPAKTAKRAW DI SD KRADENAN KABUPATEN KEBUMEN TAHUN 2015/2016
Abstract
Abstrak
Penelitian ini dilatarbelakangi karena siswa ektrakurikuler sepaktakraw di SD Kradenan
Karanggayam Kebumen belum pernah dilakukan tes keterampilan dasar bermain sepaktakraw. Tujuan
penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa tinggi tingkat keterampilan bermain sepaktakraw
peserta ekstrakurikuler sepaktakraw di SD Kradenan Karanggayam Kebumen. Penelitian ini adalah
penelitian deskriptif kuantitatif. Metode yang digunakan adalah survei dengan teknik tes dan
pengukuran. Subjek dalam penelitian adalah peserta ekstrakurikuler sepaktakraw di SD Kradenan
Karanggayam Kebumen yang berjumlah 25 siswa. Instrumen penelitian ini menggunakan metode tes
keterampilan dasar bermain sepaktakraw yang terdiri dari tes sepakmula, sepaksila, sepakkuda,
heading dan smash (Arif Nugroho, 2015). Analisis data yang digunakan adalah teknik analisis
deskriptif kuantitatif yang dituangkan dalam bentuk presentase. Berdasarkan hasil penelitian dan
pembahasan menunjukan bahwa tingkat keterampilan bermain sepaktakraw peserta ekstrakurikuler
sepaktakraw di SD Kradenan Karanggayam Kebumen berada pada kategori “sangat kurang” sebesar
0% (0 siswa), “kurang” sebesar 32% (8 siswa), “sedang” sebesar 44% (11 siswa), “tinggi” sebesar
12% (3 siswa), dan “sangat tinggi” sebesar 12% (3 siswa).
Kata Kunci : tingkat keterampilan, sepaktakraw, siswa ekstrakurikuler
Abstract
Background of this research because participant of extracurricular sepaktakraw in elementary
school of Kradenan, Karanggayam Kebumen never have testing in basic ability of playing
sepaktakraw. The purpose of this study to know about how far about the level of skill in playing
sepaktakraw for students in elementary school of Kradenan Karanggayam Kebumen. This study is
descriptive quantitative research. Method used by survey with test technic and measurement. The
subject of this study is participant of extracurricular sepaktakraw in elementary school of Kradenan
Karanggayam Kebumen that consists of 25 students. Instrument of this study used basic skill test
method in playing sepaktakraw consists of sepakmula test, sepaksila test, sepakkuda test, heading and
smash (Arif Nugroho, 2015). The data analysis used descriptive quantitative analysis technic
presented by percentage. Based on the result of this study and discussion showed that the level of skill
playing sepaktakraw on participant extracurricular sepaktakraw in elementary school of Kradenan
Karanggayam Kebumen categorized “very low” 0% (0 student), “low” 32% (8 students), “medium”
44% (11 students), “high” 12% (3 students) and “very high” 12% (3 students).
Keywords : level of skill, sepaktakraw, participant in extracurricular
Penelitian ini dilatarbelakangi karena siswa ektrakurikuler sepaktakraw di SD Kradenan
Karanggayam Kebumen belum pernah dilakukan tes keterampilan dasar bermain sepaktakraw. Tujuan
penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa tinggi tingkat keterampilan bermain sepaktakraw
peserta ekstrakurikuler sepaktakraw di SD Kradenan Karanggayam Kebumen. Penelitian ini adalah
penelitian deskriptif kuantitatif. Metode yang digunakan adalah survei dengan teknik tes dan
pengukuran. Subjek dalam penelitian adalah peserta ekstrakurikuler sepaktakraw di SD Kradenan
Karanggayam Kebumen yang berjumlah 25 siswa. Instrumen penelitian ini menggunakan metode tes
keterampilan dasar bermain sepaktakraw yang terdiri dari tes sepakmula, sepaksila, sepakkuda,
heading dan smash (Arif Nugroho, 2015). Analisis data yang digunakan adalah teknik analisis
deskriptif kuantitatif yang dituangkan dalam bentuk presentase. Berdasarkan hasil penelitian dan
pembahasan menunjukan bahwa tingkat keterampilan bermain sepaktakraw peserta ekstrakurikuler
sepaktakraw di SD Kradenan Karanggayam Kebumen berada pada kategori “sangat kurang” sebesar
0% (0 siswa), “kurang” sebesar 32% (8 siswa), “sedang” sebesar 44% (11 siswa), “tinggi” sebesar
12% (3 siswa), dan “sangat tinggi” sebesar 12% (3 siswa).
Kata Kunci : tingkat keterampilan, sepaktakraw, siswa ekstrakurikuler
Abstract
Background of this research because participant of extracurricular sepaktakraw in elementary
school of Kradenan, Karanggayam Kebumen never have testing in basic ability of playing
sepaktakraw. The purpose of this study to know about how far about the level of skill in playing
sepaktakraw for students in elementary school of Kradenan Karanggayam Kebumen. This study is
descriptive quantitative research. Method used by survey with test technic and measurement. The
subject of this study is participant of extracurricular sepaktakraw in elementary school of Kradenan
Karanggayam Kebumen that consists of 25 students. Instrument of this study used basic skill test
method in playing sepaktakraw consists of sepakmula test, sepaksila test, sepakkuda test, heading and
smash (Arif Nugroho, 2015). The data analysis used descriptive quantitative analysis technic
presented by percentage. Based on the result of this study and discussion showed that the level of skill
playing sepaktakraw on participant extracurricular sepaktakraw in elementary school of Kradenan
Karanggayam Kebumen categorized “very low” 0% (0 student), “low” 32% (8 students), “medium”
44% (11 students), “high” 12% (3 students) and “very high” 12% (3 students).
Keywords : level of skill, sepaktakraw, participant in extracurricular
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.