TINGKAT PENGETAHUAN TENTANG KESEHATAN PRIBADI SISWA KELAS 4 DAN 5 SEKOLAH INKLUSI SD NEGERI GADINGAN KECAMATAN WATES KABUPATEN KULONPROGO TAHUN 2015 / 2016

anik rahayuningsih,

Abstract


Abstrak
Penelitian ini dilatarbelakangi karena siswa sudah diberikan pembelajaran pendidikan kesehatan tetapi masih
terdapat beberapa siswa yang kurang memperhatikan kebersihan pribadinya. Hal ini dapat dilihat dari keterbatasan
penyampaian dan penyuluhan tentang kesehatan pribadi, sehingga siswa belum menyadari pentingnya kesehatan
pribadi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat pengetahuan tentang kesehatan pribadi siswa kelas 4 dan 5
sekolah inklusi SD Negeri Gadingan Kecamatan Wates Kabupaten Kulonprogo. Penelitian ini adalah penelitian
deskriptif kuantitatif dengan metode survai. Instrumen yang digunakan yaitu lembar tes soal. Subjek penelitian ini
adalah semua anak kelas 4 dan 5 SD Negeri Gadingan yang berjumlah 66 anak. Ujicoba instrumen di SD Negeri Beji
berjumlah 63 siswa. Uji instrumen menggunakan uji validitas dengan rumus pearson product moment, diketahui dari
36 butir pertanyaan terdapat 6 yang tidak valid, sehingga angket yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 30
pertanyaan. Hasil uji reliabilitas instrument sebesar 0,897, sehingga dinyatakan reliabel. Teknik analisis data
menggunakan analisis deskriptif dengan teknik persentase. Hasil penelitian dari seluruh siswa kelas 4 dan 5 SD Negeri
Gadingan kecamatan Wates kabupaten Kulonprogo yang berjumlah 66 siswa dapat diketahui bahwa tingkat
pengetahuan terhadap kesehatan pribadi ditunjukkan sebesar 6,06% sebanyak 4 siswa berada pada kategori “sangat
tinggi”, 33,33% sebanyak 22 siswa berada pada kategori “tinggi”, 36,37% sebanyak 24 siswa berada pada kategori
“cukup”, 16,67% sebanyak 11 siswa berada pada kategori “kurang”, dan 7,75% sebanyak 5 siswa berada pada kategri
“kurang sekali”.
Kata kunci: Tingkat Pengetahuan, Kesehatan Pribadi

Abstract
The background of this research because the students had been given the lesson of health education but still
there are some students less in looking at their health personality. This case can see from limitedness in conveying
and illumination about the health personality, so the students have not yet realize about the important of health
personality. The aims of this research to know the level of knowledge about the students’ healthpersonality of the
fourth and fifth class at inclusive school SD N GadinganWatesKulonprogo. This research is quantitative descriptive
use survey method instrument by using test. Subject of the research is a lot of students of the fourth and fifth class at
SD N Gadingan with number 66 students. The trial of instrument in SD Beji is 63 students. The instrument test use
validity test with Pearson product moment formula, it is known from 36 questions there are 6 question are not valid,
so the questioner that use in this research are 30 questions. The result of reliability instrument are 0, 897, so it can be
said reliable. Technique of analysis data use descriptive analysis with percentage technique. The result of the
research from the whole of the fourth and fifth class at SD N Gadingan, Wates, Kulonprogo are 66 students can be
know that the level of knowledge toward the health personality show with number 6, 06% as many as 4 students into
category “very high”, 33,33% are 22 students into category “high”, 36,37% are 24 students into category “enough”,
16,67% are 11 students into category “less”, and 7,75% are 5 students into category “very less”.
Keywords: Level of Knowledge, Health Personality


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.