UPAYA MENINGKATKAN PEMBELAJARAN GERAK DASAR LEMPAR MELALUI PENDEKATAN BERMAIN SISWAKELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI BENERWETAN KECAMATAN AMBAL KABUPATEN KEBUMEN TAHUN 2014/ 2015

Badar Eko Saputro,

Abstract


Abstrak
Permasalahan dalam penelitian ini adalah pembelajaran gerak dasar lempar siswa kelas IV SD
Negeri Benerwetan Kecamatan Ambal Kabupaten Kebumen relatif rendah. Penelitian ini bertujuan
untuk meningkatkan pembelajaran gerak dasar lempar melalui pendekatan bermain siswa kelas IV SD
Negeri Benerwetan kecamatan Ambal Kabupaten Kebumen tahun 2014/2015. Penelitian ini
merupakan Penelitian Tindakan Kelas. Subjek penelitian yang digunakan siswa kelas IVsejumlah 23
anak. Penelitian tindakan selama dua siklus, setiap siklus dengan dua kali pertemuan, setiap
pertemuan selama 70 menit. Peningkatan pembelajaran gerak dasar lempar difokuskan pada suasana
proses pembelajaran yang berupa aktif, semangat, dan tekun serta kemampuan gerak dasar lempar.
Data yang diambil oleh peneliti dan kolaborator dengan menggunakan instrumen berupa lembar
observasi pengamatan, angket tanggapan siswa dan evaluasi unjuk kerja kemampuan gerak dasar
lempar. Pengambilan data dilakukan saat pembelajaran, dan setelah pembelajaran. Data yang
diperoleh dianalis menggunakan analisis deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan,
dapat disimpulkan bahwa tindakan dengan pendekatan bermain yang dilakukan dalam 2 siklus dengan
keseluruhan 4 kali pertemuan, ternyata mampu meningkatkan pembelajaran gerak dasar lempar siswa
kelas IV SD Negeri Benerwetan Kecamatan Ambal Kabupaten Kebumen. Peningkatan tersebut
meliputi : suasana pembelajaran dan kemampuan gerak dasar lempar siswa. Hal iniĀ  dapat dilihat dari
hasil pengamatan yang dilakukan oleh kolaborator pada saat proses pembelajaran berlangsung. Saat
proses pembelajaran terlihat meningkatnya keaktifan belajar siswa, semangat beraktifitas dari siswa,
dan ketekunan dari siswa dalam mengikuti kegiatan pembelajaran. Selain itu juga terlihat adanya
peningkatan kemampuan gerak dasar lempar siswa.

Kata Kunci: Pembelajaran,Gerak dasar lempar,pendekatan bermain

Abstract
The problem in this study is throw basic motion study on students class IV Elementary School
State Benerwetan Distric Ambal Kebumen are relatively low. The purpose of this study to improve
throw basic motion study with playing approach on students class VI Elementary School State
Benerwetan Distric Ambal kebumen in year 2014/2015. This study is a classroom action research.
Amount the subjects of this study are students class IV amount 23 children. Action study for two
cycles, each cycle with two meetings for 70 minutes. It focused on the atmosphere of learning like
active, spirit, diligence and throw basic motion ability. The Data taken by researcher and
collaborators use observation sheet, questionnaire responses of students and performance evaluation
to motor skill of throw basic motion. The data were collected during and after learning. Then data
were analyzed use descriptive analysis. Based on the results of study and discussion, it can be
concluded that the action by playing approach conducted in two cycles with four meetings, was able
to improve throw basic motion study on students class VI Elementary School State Benerwetan Distric
Ambal Kebumen. Such improvements include: an atmosphere of learning and students skill of throw
basic motion. It can be seen from the results of observations done by collaborators during the
learning process takes place. When this process looked increase activeness their learning, spirit
activity of students, and the persistence of students on participate in learning activities. A side from
that looked there are an increase in students skill of throw basic motion.

Keywords: Learning, throw basic motion, playing approach

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.