TINGKAT KETERAMPILAN SHORT PASS DALAM PERMAINAN SEPAKBOLA PADA SISWA KELAS V SD NEGERI BONOSARI KECAMATAN SEMPOR KABUPATEN KEBUMEN TAHUN 2015

Dedy Kurniawan W.E.N,

Abstract


Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat keterampilan short pass dalam
permainan sepakbola pada siswa kelas V di SD Negeri Bonosari, Kecamatan Sempor, Kabupaten
Kebumen tahun 2015. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan metode survei yang
pengambilan datanya dilakukan dengan tes dan pengukuran. Populasi penelitian ini adalah semua
siswa kelas V di SD Negeri Bonosari, Kecamatan Sempor, Kabupaten Kebumen yang berjumlah
25 siswa terdiri atas 19 siswa putra dan 6 siswa putri. Data pada penelitian ini diambil dari tes
short pass pada permainan sepakbola dengan mengikuti Petunjuk Pelaksanaan Tes Keterampilan
Sepakbola Usia 10-12 Tahun yang dikeluarkan oleh Pusat Pengembangan Jasmani Sekretariat
Jenderal Departemen Pendidikan Nasional Tahun 2009. Intrumen tes ini mempunyai validitas
0,66 dan reliabilitas 0,69. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif persentase.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat keterampilan short pass yang termasuk dalam
kategori baik sekali sebesar 8% (2 siswa), kategori baik sebesar 64% (16 siswa), kategori sedang
sebesar 28% (7 siswa), dan tidak ada yang termasuk kategori kurang dan kurang sekali.
 
Kata kunci: keterampilan short pass, permainan sepakbola, siswa kelas V SD Negeri Bonosari

Abstract
This study aims to determine the skill level of short passes in the game of football in the fifth
grade students of SD Negeri Bonosari, District Sempor, Kebumen in 2015. This study is a
descriptive research with survey method of data collection is done by test and measurement. The
study population was all fifth grade students in elementary school Bonosari, District Sempor,
Kebumen totaling 25 students consisting of 19 boys and 6 female student. The data in this study
were drawn from the test short pass on the game of football by following Football Skills Test
Implementation Guidelines Age 10-12 Years issued by the Center for Physical Development of
the Secretariat General of the Ministry of National Education in 2009. This test Instruments has
more validity and reliability 0.66 0, 69. Data were analyzed using descriptive analysis techniques
percentage. The results showed that the level of skills short pass included in either category all
by 8% (2 students), both categories by 64% (16 students), medium category by 28% (7 students),
and no category is less and less so.

Keywords: short pass skills, soccer games, fifth grade students of SD Negeri Bonosari


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.