TINGKAT KEMAMPUAN MOTORIK SISWA KELAS II TAHUN AJARAN 2015/2016 SEKOLAH DASAR NEGERI KOTAGEDE 5 YOGYAKARTA

- - Liya,

Abstract


Abstrak
Penelitian ini di larbelakangi oleh kurangnya aktivitas gerak siswa kelas II SDN Kotagede 5 Yogyakart
dalam mengikuti pembelajaran pendidikan jasmani khususnya pada kemampuan motoriknya yang meliputi
kecepatan, kelincahan, dan power. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kemampuan motorik siswa
kelas II SDN Kotagede 5 Yogyakarta. Penelitian merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Metode yang
digunakan adalah metode survei. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas II SDN Kotagede 5 Yogyakarta yang
berjumlah 27 siswa, yang terdiri atas 10 siswa putra dan 17 siswa putri. Instrumen yang digunakan adalah Tes
lari pendek 40 meter, tes lari zig-zag dan tes lompat jauh. Teknik analisis yang dilakukan adalah menuangkan
frekuensi ke dalam bentuk persentase. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa rata-rata tingkat kemampuan
motorik siswa kelas II SDN Kotagede 5 Yogyakarta adalah sedang dengan pertimbangan frekuensi terbanyak
berada pada  pada kategori sedang dengan 11 orang atau 40,75%. Tingkat kemampuan motorik siswa kelas II
SDN Kotagede 5 Yogyakarta yang berkategori baik sekali 1 orang atau 3,70%, baik 8 orang atau 29,63%,
sedang 11 orang atau 40,74%, kurang 4 orang atau 14,81%, sangat kurang 3 orang atau 11,11%.
Kata Kunci : kemampuan, motorik, siswa kelas II Sekolah Dasar
abstract
This research was based on lack of movement activity of II grade students of State Elementary School
(SDN) 5 of Yogyakarta in attending a physical educational learning, especially in their motor ability that cover
speed, activeness and power. This research was aimed to know the level of motor ability of II grade students of
SDN Kotagede 5 of Yogyakarta. This was a descriptive qualitative research. The method used was a survey
method. The research subjects were II grade students of SDN Kotagede 5 of Yogyakarta numbered 27 that
consist of 10 boys and 17 girls. The instrument used was an 40 meter sprint test, zig-zag run and far-jump test.
The analysis technique was conducted by applying frequency into a percentage form. These research results
showed that the average of motor ability level of II grade students of SDN Kotagede 5 of Yogyakarta was
medium with a most frequency consideration in sufficient category of 11 students or 40.75%. the motor ability
level of II grade students of SDN Kotagede 5 of Yogyakarta in an excellent category of 1 student or 3.70%,
good category of 8 students or 29.63%, while 11 students or 40.74%, less category of 4 students or 14.81%,
very less 3 students or 11.11%.
Keywords: ability, motor, II grade students of Elementary School

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.