PERAN GURU PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN TERHADAP USAHA KESEHATAN SEKOLAH DI SEKOLAH DASAR NEGERI SE-KECAMATAN KLIRONG KABUPATEN KEBUMEN
Abstract
Abstrak
Peran Guru Penjasorkes terhadap usaha kesehatan sekolah terindikasi belum sesuai
dengan yang diharapkan dilihat dari pelaksanaan UKS. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui peran guru pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan melalui usaha
kesehatan sekolah di Sekolah Dasar Negeri se-Kecamatan Klirong, Kabupaten Kebumen.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif menggunakan metode survey. Subjek
dalam penelitian ini adalah guru penjasorkes se-Kecamatan Klirong Kabupaten Kebumen
yang berjumlah 36 guru. Instrumen yang digunakan berupa angket dan untuk
menganalisis data digunakan statistik deskriptif kuantitatif yang dituangkan dalam bentuk
persentase. Hasil penelitian menunjukan bahwa peran guru penjasorkes melalui usaha
kesehatan sekolah di SD se-Kecamatan Klirong, Kabupaten Kebumen berada pada
kategori “tidak berperan” sebesar 3% (1 guru), kategori “kurang berperan” sebesar 31%
(11 guru), kategori “cukup berperan” sebesar 33% (12 guru) kategori “berperan” sebesar
25% (9 guru), kategori “sangat berperan” sebesar 8% (3 guru).
Kata kunci : Peran, Guru Penjasorkes, UKS, Sekolah Dasar
Peran Guru Penjasorkes terhadap usaha kesehatan sekolah terindikasi belum sesuai
dengan yang diharapkan dilihat dari pelaksanaan UKS. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui peran guru pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan melalui usaha
kesehatan sekolah di Sekolah Dasar Negeri se-Kecamatan Klirong, Kabupaten Kebumen.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif menggunakan metode survey. Subjek
dalam penelitian ini adalah guru penjasorkes se-Kecamatan Klirong Kabupaten Kebumen
yang berjumlah 36 guru. Instrumen yang digunakan berupa angket dan untuk
menganalisis data digunakan statistik deskriptif kuantitatif yang dituangkan dalam bentuk
persentase. Hasil penelitian menunjukan bahwa peran guru penjasorkes melalui usaha
kesehatan sekolah di SD se-Kecamatan Klirong, Kabupaten Kebumen berada pada
kategori “tidak berperan” sebesar 3% (1 guru), kategori “kurang berperan” sebesar 31%
(11 guru), kategori “cukup berperan” sebesar 33% (12 guru) kategori “berperan” sebesar
25% (9 guru), kategori “sangat berperan” sebesar 8% (3 guru).
Kata kunci : Peran, Guru Penjasorkes, UKS, Sekolah Dasar
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.