TINGKAT KEMAMPUAN MOTORIK KASAR SISWA KELAS BAWAH DAN SISWA KELAS ATAS DI SD NEGERI BALEHARJO WONOSARI KABUPATEN GUNUNGKIDUL
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kemampuan motorik kasar anak
sekolah dasar siswa kelas bawah ( II ) dan siswa kelas atas ( V ) di SD Negeri Baleharjo.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif menggunakan metode survei dengan instrumen
berupa tes pengukuran yang terdiri dari tes zig-zag test dengan v: 0,758 dan r: 0,840, untuk
mengukur kelincahan, berdiri dengan satu kaki dengan v: 0,887 dan r: 0,993, untuk mengukur
keseimbangan dan lompat jauh tanpa awalan dengan v: 0,811 dan r: 0,896 untuk mengukur
daya ledak. Berdasarkan hasil penelitian, kemampuan motorik kasar siswa kelas atas di SD
Negeri Baleharjo Wonosari Kabupaten Gunungkidul menunjukkan bahwa 9,09% sangat
rendah, 21,21% rendah, 39,39% sedang, 24,24% tinggi dan 6,06% sangat tinggi. Sedangkan
kemampuan motorik kasar siswa kelas bawah di SD Negeri Baleharjo Wonosari Kabupaten
Gunungkidul menunjukkan bahwa 4,34% sangat rendah, 34,78% rendah, 30,43% sedang,
21,74% tinggi, dan 8,69% sangat tinggi.
Kata kunci : Kemampuan Motorik, Siswa Kelas Bawah(II) dan Kelas Atas (V) SD
ABSTRACT
This study aims to determine the level of gross motoric skills of lower (II) and upper (V)
grade students at state elementary school Baleharjo.This is a descriptive research with survey
method. The instrument used was test measurement consisted of the zig-zag test with the v and
r of 0.758 and 0.840, to measure agility, standing on one leg with the v and r of 0,887 and
0.993, to measure balance and long jump without prefix with the v and r of .896 and 0.811 to
measure the explosive power. Based on the results of research, gross motoric skills of upper
grade students in state elementary school Baleharjo Wonosari Gunung Kidul District showed
that 9.09% categorized as very low, low category of 21.21%, moderate category of 39.39%,
high category of 24.24% and very high category of 6, 06%. Meanwhile, gross motoric skills
of lower grade students in state elementary school Baleharjo Wonosari Gunung Kidul District
showed that 4.34% as very low category, a low category of 34.78%, moderate category of
30.43%, high category of 21.74%, and very high category of 8.69%.
Keywords: Motoric Ability, Lower Grade Students (II) and Upper Class (V) of Elementary
school.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kemampuan motorik kasar anak
sekolah dasar siswa kelas bawah ( II ) dan siswa kelas atas ( V ) di SD Negeri Baleharjo.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif menggunakan metode survei dengan instrumen
berupa tes pengukuran yang terdiri dari tes zig-zag test dengan v: 0,758 dan r: 0,840, untuk
mengukur kelincahan, berdiri dengan satu kaki dengan v: 0,887 dan r: 0,993, untuk mengukur
keseimbangan dan lompat jauh tanpa awalan dengan v: 0,811 dan r: 0,896 untuk mengukur
daya ledak. Berdasarkan hasil penelitian, kemampuan motorik kasar siswa kelas atas di SD
Negeri Baleharjo Wonosari Kabupaten Gunungkidul menunjukkan bahwa 9,09% sangat
rendah, 21,21% rendah, 39,39% sedang, 24,24% tinggi dan 6,06% sangat tinggi. Sedangkan
kemampuan motorik kasar siswa kelas bawah di SD Negeri Baleharjo Wonosari Kabupaten
Gunungkidul menunjukkan bahwa 4,34% sangat rendah, 34,78% rendah, 30,43% sedang,
21,74% tinggi, dan 8,69% sangat tinggi.
Kata kunci : Kemampuan Motorik, Siswa Kelas Bawah(II) dan Kelas Atas (V) SD
ABSTRACT
This study aims to determine the level of gross motoric skills of lower (II) and upper (V)
grade students at state elementary school Baleharjo.This is a descriptive research with survey
method. The instrument used was test measurement consisted of the zig-zag test with the v and
r of 0.758 and 0.840, to measure agility, standing on one leg with the v and r of 0,887 and
0.993, to measure balance and long jump without prefix with the v and r of .896 and 0.811 to
measure the explosive power. Based on the results of research, gross motoric skills of upper
grade students in state elementary school Baleharjo Wonosari Gunung Kidul District showed
that 9.09% categorized as very low, low category of 21.21%, moderate category of 39.39%,
high category of 24.24% and very high category of 6, 06%. Meanwhile, gross motoric skills
of lower grade students in state elementary school Baleharjo Wonosari Gunung Kidul District
showed that 4.34% as very low category, a low category of 34.78%, moderate category of
30.43%, high category of 21.74%, and very high category of 8.69%.
Keywords: Motoric Ability, Lower Grade Students (II) and Upper Class (V) of Elementary
school.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.