IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN DI SD MUHAMMADIYAH MILIRAN KOTA YOGYAKARTA

Muhlis Nur Fataa Syaiful Hidayat,

Abstract


Abstrak
Penelitian ini dilatar belakangi oleh latar belakang guru PJOK dari sarjana kepelatihan bukan
dari sarjana kependidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi pembelajaran
PJOK di SD Muhammadiyah Miliran Kota Yogyakarta.  
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif  kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah
guru PJOK, kepala sekolah dan siswa SD Muhammadiyah Miliran Kota Yogyakarta. Objek dalam
penelitian ini adalah perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian/evaluasi pembelajaran penjasorkes.
Analisis data menggunakan model analisa Miles dan Huberman yang terdiri dari pengumpulan data,
reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan dan verifikasi. Instrumen utama dalam
penelitian ini menggunakan pedoman observasi yang diambil dari Kementerian Pendidikan dan
Kebudayaan Republik Indonesia dan   instrumen pendukungnya adalah wawancara serta dokumentasi.  
Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Implementasi Pembelajaran PJOK di SD
Muhammadiyah Miliran Kota Yogyakarta mengacu pada kurikulum KTSP, implementasi tersebut
dapat dilihat berdasarkan hasil penelitian dari rencana pembelajaran terlihat dari RPP yang disusun
sebagian besar sudah berdasarkan kurikulum KTSP, pelaksanaan pembelajaran sudah sesuai
kurikulum KTSP terlihat dari proses pembelajaran yang sudah menggunakan pendekatan eksplorasi,
elaborasi dan konfirmasi dan proses penilaiannya juga sudah sesuai dengan kurikulum KTSP terlihat
dari instrumen yang disusun, penentuan Kriteria Ketuntasan Minimal, dan pelaksanaan analisis hasil
nilai, remidial, evaluasi, serta pengayaan.
Kata kunci: Implementasi, Pembelajaran Penjasorkes, Kurikulum KTSP  
ABSTRACT
This research is inspired by educational background of the teachers from undergraduate coachin
instead of undergraduate education. This research aims to find out the implementation of Physical
Education learning in SD Muhammadiyah Miliran, Yogyakarta.
The research used descriptive qualitative. The research subjects were the Physical Education
teachers, principal, and students of SD Muhammadiyah Miliran, Yogyakarta. The object of this
research was the planning, implementation, and assessment / evaluation of Physical Education
learning. The data analysis was using Miles and Huberman model analysis which consisted of data
collection, data reduction, data presentation, and conclusion and verification. The main instrument in
this study was using observations taken guidance from the Ministry of Education and Culture of the
Republic of Indonesia and the supporting instruments were interviews and documentation.
It can be concluded that the implementation of the Physical Education learning in SD
Muhammadiyah Miliran, Yogyakarta refers to the SBC curriculum, these implementations can be
seen by the results of the lesson plan or RPP are composed largely based on SBC curriculum, the
implementation of learning is based on SBC curriculum seen from the process learning that already
use the approach of exploration, elaboration and confirmation and assessment process also is in
conformity with the SBC curriculum as it can be seen that the instrument is drawn up, the
determination of minimum completeness criteria, and implementation of the results of the analysis,
remedial, evaluation, and enrichment.
Keywords: Implementation, Physical Education Learning, SBC Curriculum

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.