PELAKSANAAN KEGIATAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI ADAPTIF ANAK TUNAGRAHITA DI SD NEGERI BANGUNREJO 2 KOTA YOGYAKARTA
Abstract
Abstrak
Proses pelaksanaan pembelajaran penjas di kelas 5 SD Negeri Bangunrejo 2 Kota Yogyakarta pada
tunagrahita belum dilakukan sesuai dengan karakteristik tunagrahita dan strategi pembelajaran yang sesuai dengan
anak berkebutuhan khusus. Perencanaan pembelajaran individual yang belum direncanakan dan pembelajaran yang
dilaksanakan masih umum dan disamakan dengan siswa reguler lainnya. Tujuan dari penelitian ini untuk
mengetahui pelaksanaan pembelajaran pendidikan jasmani adaptif anak tunagrahita di SD Negeri Bangunrejo 2
Kota Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif jenis kualitatif. Subyek penelitian ini adalah
empat anak tunagrahita dan guru pendidikan jasmani. Teknik pengumpulan datanya dengan observasi, wawancara
dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan menggunakan analisis deskriptif kualitatif dengan langkah data
reduction, data display, dan conclusion drawing (verification). Hasil penelitian menunjukan bahwa pembelajaran
pendidikan jasmani adaptif anak tunagrahita berlangsung bersama dengan siswa regular dengan materi yang sama
dalam pembelajaran, perlakuan guru penjas untuk anak tunagrahita disamakan sama seperti siswa regular namun
ada modifikasi perlakuan dan mengadaptasi tersendiri bagi anak tunagrahita agar bisa mengikuti pembelajaran
dengan materi yang sama seperti siswa regular.
Kata kunci: siswa tunagrahita, pembelajaran pendidikan jasmani adaptif
Abstrack
The implementation process of learning physical education in grade’s 5th SD Bangunrejo 2 Yogyakarta for
mental retardation has not been done in accordance with the retardation mental characteristics and learning
strategies that appropriate for children disabilities. Individual learning plan that has not been planned and
learning that implemented still common and equated with other regular students. The research purpose’s is to
know the implementation of learning physical adaptive education in SD Bangunrejo 2 Yogyakarta for mental
retardation. This research used a descriptive approach qualitative type. This research subject are four children
mental retardation and physical education teacher. The data collecting technique by observation, interview and
documentation. Data analysis techniques by using qualitative descriptive analysis with data reduction step, a
display data , and drawing conclusion (verification). The results showed that learning adaptive physical education
mental retardation be held along with the students regularly with the same material in the learning, the treatment
teacher physical education for mental retardation equated together as students regular, but there are modification
the treatment and adapt itself for mental retardation in order to follow the learning material the same as regular
students.
Keywords: mental retardation, learning adaptive physical education
Proses pelaksanaan pembelajaran penjas di kelas 5 SD Negeri Bangunrejo 2 Kota Yogyakarta pada
tunagrahita belum dilakukan sesuai dengan karakteristik tunagrahita dan strategi pembelajaran yang sesuai dengan
anak berkebutuhan khusus. Perencanaan pembelajaran individual yang belum direncanakan dan pembelajaran yang
dilaksanakan masih umum dan disamakan dengan siswa reguler lainnya. Tujuan dari penelitian ini untuk
mengetahui pelaksanaan pembelajaran pendidikan jasmani adaptif anak tunagrahita di SD Negeri Bangunrejo 2
Kota Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif jenis kualitatif. Subyek penelitian ini adalah
empat anak tunagrahita dan guru pendidikan jasmani. Teknik pengumpulan datanya dengan observasi, wawancara
dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan menggunakan analisis deskriptif kualitatif dengan langkah data
reduction, data display, dan conclusion drawing (verification). Hasil penelitian menunjukan bahwa pembelajaran
pendidikan jasmani adaptif anak tunagrahita berlangsung bersama dengan siswa regular dengan materi yang sama
dalam pembelajaran, perlakuan guru penjas untuk anak tunagrahita disamakan sama seperti siswa regular namun
ada modifikasi perlakuan dan mengadaptasi tersendiri bagi anak tunagrahita agar bisa mengikuti pembelajaran
dengan materi yang sama seperti siswa regular.
Kata kunci: siswa tunagrahita, pembelajaran pendidikan jasmani adaptif
Abstrack
The implementation process of learning physical education in grade’s 5th SD Bangunrejo 2 Yogyakarta for
mental retardation has not been done in accordance with the retardation mental characteristics and learning
strategies that appropriate for children disabilities. Individual learning plan that has not been planned and
learning that implemented still common and equated with other regular students. The research purpose’s is to
know the implementation of learning physical adaptive education in SD Bangunrejo 2 Yogyakarta for mental
retardation. This research used a descriptive approach qualitative type. This research subject are four children
mental retardation and physical education teacher. The data collecting technique by observation, interview and
documentation. Data analysis techniques by using qualitative descriptive analysis with data reduction step, a
display data , and drawing conclusion (verification). The results showed that learning adaptive physical education
mental retardation be held along with the students regularly with the same material in the learning, the treatment
teacher physical education for mental retardation equated together as students regular, but there are modification
the treatment and adapt itself for mental retardation in order to follow the learning material the same as regular
students.
Keywords: mental retardation, learning adaptive physical education
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.