IDENTIFIKASI FAKTOR – FAKTOR PENGHAMBAT SISWA DALAM PELAKSANAAN EKSTRAKURIKULER OLAHRAGA DI SD NEGERI 1 SANDEN KECAMATAN SANDEN KABUPATEN BANTUL

Lilik Satrio Utomo S,

Abstract


Abstrak
Penelitian ini dilatarbelakangi kegiatan ekstrakurikuler olahraga di SD Negeri I Sanden yang
sudah berjalan tetapi belum lancar, peserta tidak rutin mengikuti kegiatan ini. Penelitian ini bertujuan
untuk mengetahui besarnya faktor-faktor penghambat dalam pelaksanan ekstrakurikuler olahraga
siswa kelas IV dan V di SD Negeri 1 Sanden. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan
metode survei dan teknik pengambilan data menggunakan angket. Subjek yang digunakan dalam
penelitian ini sejumlah 30 siswa. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif
yang dituangkan dalam bentuk persentase. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan
bahwa hambatan dalam pelaksanaan ekstrakurikuler olahraga di SD Negeri 1 Sanden pada faktor
fisiologi berada pada kategori tinggi dengan persentase 26,6%, pada faktor psikologi berada pada
kategori rendah dengan persentase 22,6%, pada faktor sekolah berada pada kategori sangat tinggi
dengan persentase 28,3%, pada faktor keluarga berada pada kategori sangat rendah dengan persentase
22,5%. Berdasarkan hasil penelitian, maka faktor penghambat yang paling tinggi adalah faktor
sekolah.

Kata kunci : faktor penghambat ekstrakulikuler olahraga
This research is motivated extracurricular sports activities in state elementary school of
sanden already on going but have not smoothly, participants did not regularly participate in
the event. This study aims to determine the limiting factors in the conduct of extracurricular
sports 4th and 5th grade students at state elementary school of sanden.
This study was a descriptive study with survey methods and techniques of data collection
using questionnaires. The subjects used in this study were 30 students. Data were analyzed
using quantitative descriptive analysis as outlined in percentages.
Based on the results of the study it can be concluded that the obstacles in the implementation
of extracurricular sports in state elementary school of sanden on physiological factors that are
in the high category with a percentage of 26.6%, the psychological factors that are in the low
category with a percentage of 22.6%, on school factors are at very high category with a
percentage of 28.3%, on family factors are at very low category with a percentage of 22.5%.
Based on the results of the study, the limiting factor that most high is school factor.
 
 
Keywords: inhibiting factor extracurricular sports

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.