TINGKAT KESIAPAN GURU PENJASORKES SD PADA SEKOLAH SASARAN SE KOTA YOGYAKARTA DALAM MENGIMPLEMENTASIKAN KURIKULUM 2013
Abstract
Abstrak
Komponen utama untuk menentukan keberhasilan pendidikan adalah guru.Kesiapan guru
dalam mengimplementasikan Kurikulum 2013 pada sekolah sasaran perlu di persiapkan.Guru
merupakan elemen kunci karena yang langsung berhadapan dengan siswa. Penelitian ini bertujuan
untuk mengetahui Tingkat Kesiapan Guru Penjasorkes SD pada Sekolah Sasaran se Kota Yogyakarta
Dalam Mengimplementasikan Kurikulum 2013 sebanyak 16 Sekolah. Penelitianiniadalahmerupakan
penelitian deskriptif kuantitatif. Metode penelitian yang akan digunakan adalah survei dengan
menggunakan angket sebagai alat pengumpulan data. Populasi dalam penelitian ini adalah guru
Penjasorkes sekolah dasar pada sekolah sasaran di Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta berjumlah 45
guru dan semua digunakan untuk penelitian. Teknik pengumpulan data dengan cara memberikan
angket kepada guru untuk dijawabnya. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini
menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif dengan persentase. Pengkategorian tingkat
kesiapan guru dalam mengimplementasikan kurikulum 2013 disusun dengan 4 kategori, yaitu: sangat
siap, siap, cukup, dan kurang siap. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kesiapan guru
penjasorkes pada sekolah sasaran dalam mengimplementasikan kurikulum 2013 yang masuk kategori
sangat siap 3 orang(7%), siap 19 orang(42%), kurang siap 20 orang(44%), tidak siap 3
orang(7%).Dari hasil di atas bahwa penelitian dapat disimpulkan bahwa kesiapan Guru Penjasorkes
pada sekolah sasaran dalam mengimplementasikan kurikulum 2013 dikategorikan menjadi SS 7 %, S
42 %, KS 44 %, TS 7%.
Kata kunci:Tingkat Kesiapan,Guru Penjasorkes SD,Kurikulum2013
Abstract
The main component to determine the success of education is teacher. Teacher of target school
readiness in the 2013 curriculum implementation needs to be prepared. Teacher is a key element
because teacher deals with students directly. This study aims to determine the readiness level of
elementary school penjasorkes teacher in the 2013 curriculum implementation of 16 Yogyakarta
city’s target schools. This study is a quantitative descriptive study. The method that will be used is a
survey using a questionnaire as a data collection tool. The population in this study are 45 elementary
school teachers of Penjasorkes subject in target schools under Education Department of Yogyakarta
City and all of them will be contribute in this study. The technique that is used in data collection is by
questionnaires distribution to 45 Penjasorkes teachers in order to be fulfilled. Analysis of the data
that is used in this study is quantitative descriptive analysis techniques with percentage. The level of
readiness of teachers to implement the 2013 curriculum is categorized in 4 categories, they are: very
ready, ready, ready enough, and less ready.
The result of the study showed that the readiness level of penjasorkes teachers the 2013 curriculum
implementation target schools were categorized as very ready for 3 teachers ( 7 % ), ready for 19
teachers ( 42 % ), ready enough 20 teachers ( 44 % ), less ready 3 teachers ( 7 % ) . From the results
above, the study concluded that the readiness of Penjasorkes teachers on the target school in
implementing curriculum in 2013 are categorized into VR 7 % , R 42 % , RE 44 % , LR 7 % .
Keywords : Readiness Level, Physical Education Teacher, 2013 Curriculum
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.