TINGKAT KEAKTIFAN SISWA KELAS V DALAM MENGIKUTI PEMBELAJARAN TONNIS DI SD N 01 REJOSARI KABUPATEN KUDUS TAHUN AJARAN 2015/2016
Abstract
Abstrak
Penelitian ini dilatar belakangi oleh belum diketahuinya tingkat keaktiafan siswa
kelas V dalam mengikuti pembelajaran tonnis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
tingkat keaktifan siswa kelas V dalamĀ mengikuti pembelajaran tonnis di SD Negeri 01
Rejosari, Kecamatan Dawe, Kabupaten Kudus. Penelitian ini merupakan penelitian
kuantitatif dengan desain penelitian deskriptif dimana pengumpulan informasi atau data
menggunakan kuesioner berupa angket. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh
siswa kelas V SD Negeri 01 Rejosari, Kecamatan Dawe, Kabupaten Kudus. Instrumen
dalam penelitian ini menggunakan 4 alternatif pilihan jawaban, yaitu sangat setuju,
setuju, kurang setuju, dan tidak setuju. Data yang diperoleh kemudian dikonversikan
kedalam tabel prediksi, untuk mengklarifikasikan tingginya tingkat keaktifan siswa
menggunakan 3 kategori yaitu rendah, sedang dan tinggi. Data yang sudah di kategorikan
tersebut kemudian di analisis menggunakan analisis diskriptif presentase. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa besarnya tingkat keaktifan siswa kelas V dalam mengikuti
pembelajaran tonnis di SD Negeri 01 Rejosari, Kecamatan Dawe, Kabupaten Kudus
secara umum berkategori sedang. Secara keseluruhan yang masuk kategori rendah
sebanyak 2 siswa atau 9,5%, kategori sedang sebanyak 15 siswa atau 71,4%, dan 19,1%
mempunyai kategori tinggi atau sebanyak 4 siswa.
Kata kunci: keaktifan, tonnis
Abstract
The research background is that the levels of activeness in tonnis learning among
Grade V students have not been found out. This study aims to investigate the levels of
activeness in tonnis learning among Grade V students of SD Negeri 01 Rejosari, Dawe
District, Kudus Regency. This was a quantitative study using the descriptive research
design in which the information or data were collected through a questionnaire. The
research population comprised all Grade V students of SD Negeri 01 Rejosari, Dawe
District, Kudus Regency. The research instrument used 4 options, namely strongly agree,
agree, slightly agree, and disagree. The collected data were then converted into a
prediction table to clarify the degree of the levels, there were 3 categories, namely low,
moderate, and high. The categorized data were then analyzed by means of the descriptive
technique using percentages. The results of the study show that that the levels of
activeness in tonnis learning among Grade V students of SD Negeri 01 Rejosari, Dawe
District, Kudus Regency, are in general in the moderate category. On the whole,
2students or 9.5% are in the low category, 15 students or 71.4% in the moderate category,
and 4 students or 19.1% are in the high category.
Keywords: activeness, tonnis
Penelitian ini dilatar belakangi oleh belum diketahuinya tingkat keaktiafan siswa
kelas V dalam mengikuti pembelajaran tonnis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
tingkat keaktifan siswa kelas V dalamĀ mengikuti pembelajaran tonnis di SD Negeri 01
Rejosari, Kecamatan Dawe, Kabupaten Kudus. Penelitian ini merupakan penelitian
kuantitatif dengan desain penelitian deskriptif dimana pengumpulan informasi atau data
menggunakan kuesioner berupa angket. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh
siswa kelas V SD Negeri 01 Rejosari, Kecamatan Dawe, Kabupaten Kudus. Instrumen
dalam penelitian ini menggunakan 4 alternatif pilihan jawaban, yaitu sangat setuju,
setuju, kurang setuju, dan tidak setuju. Data yang diperoleh kemudian dikonversikan
kedalam tabel prediksi, untuk mengklarifikasikan tingginya tingkat keaktifan siswa
menggunakan 3 kategori yaitu rendah, sedang dan tinggi. Data yang sudah di kategorikan
tersebut kemudian di analisis menggunakan analisis diskriptif presentase. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa besarnya tingkat keaktifan siswa kelas V dalam mengikuti
pembelajaran tonnis di SD Negeri 01 Rejosari, Kecamatan Dawe, Kabupaten Kudus
secara umum berkategori sedang. Secara keseluruhan yang masuk kategori rendah
sebanyak 2 siswa atau 9,5%, kategori sedang sebanyak 15 siswa atau 71,4%, dan 19,1%
mempunyai kategori tinggi atau sebanyak 4 siswa.
Kata kunci: keaktifan, tonnis
Abstract
The research background is that the levels of activeness in tonnis learning among
Grade V students have not been found out. This study aims to investigate the levels of
activeness in tonnis learning among Grade V students of SD Negeri 01 Rejosari, Dawe
District, Kudus Regency. This was a quantitative study using the descriptive research
design in which the information or data were collected through a questionnaire. The
research population comprised all Grade V students of SD Negeri 01 Rejosari, Dawe
District, Kudus Regency. The research instrument used 4 options, namely strongly agree,
agree, slightly agree, and disagree. The collected data were then converted into a
prediction table to clarify the degree of the levels, there were 3 categories, namely low,
moderate, and high. The categorized data were then analyzed by means of the descriptive
technique using percentages. The results of the study show that that the levels of
activeness in tonnis learning among Grade V students of SD Negeri 01 Rejosari, Dawe
District, Kudus Regency, are in general in the moderate category. On the whole,
2students or 9.5% are in the low category, 15 students or 71.4% in the moderate category,
and 4 students or 19.1% are in the high category.
Keywords: activeness, tonnis
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.