PERAN PENDIDIKAN KESEHATAN TERHADAP PERILAKU HIDUP BERSIH SEHAT (PHBS) SISWA KELAS ATAS SD N 1 KESUGIHAN KECAMATAN KESUGIHAN KABUPATEN CILACAP
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini dilatarbelakangi karena siswa sudah diberikan pembelajaran pendidikan
kesehatan tetapi masih terdapat beberapa siswa yang belum menerapkan perilaku hidup
bersih sehat di sekolah, hal ini dapat dilihat dari beberapa siswa yang masih malas
mengerjakan tugas piketnya, terdapat coret-coretan di dinding maupun meja, membuang
sampah sembarangan, tidak menyiram setelah buang air kecil. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran pendidikan kesehatan terhadap perilaku hidup bersih sehat siswa kelas atas
SD Negeri 1 Kesugihan Kecamatan Kesugihan Kabupaten Cilacap. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif dengan metode survai. Instrumen yang digunakan yaitu
lembar angket. Subjek penelitian ini adalah semua anak kelas IV, V dan VI SD Negeri 1 Kesugihan yang berjumlah 80 anak. Uji instrument menggunakan uji validitas dengan rumus
pearson product moment, diketahui dari 42 butir pernyataan terdapat 8 yang tidak valid, sehingga angket yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 34 pernyataan. Hasil uji
reliabilitas instrument sebesar 0,890, sehingga dinyatakan reliabel. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dengan teknik persentase. Hasil penelitian peran pendidikan kesehatan terhadap perilaku hidup bersih sehat siswa kelas atas SD Negeri 1 Kesugihan Kecamatan Kesugihan Kabupaten Cilacap dalam kategori sangat baik 7,5% (6 siswa), dalam kategori baik sebesar 23,75% (19 siswa), dalam kategori sedang sebesar 33,75% (27 siswa), kategori tidak baik sebesar 30% (24 siswa), dan kategori sangat tidak baik sebesar 5% (4 siswa).
Kata Kunci : Peran Pendidikan Kesehatan, Perilaku Hidup Bersih Sehat
ABSTRACT
The background of this research is because of the fact that there are some students who have not
apply healthy and clean living behavior although they have already given healthy education at school.
It can be seen from the facts that some students were too lazy to do their duty, there were vandalism on the wall and tables, littering, and did not flush after urinating. This research aims to determine the role of health education for healthy and clean living behavior of upper class students at SD N 1 Kesugihan, Cilacap. This research is descriptive quantitative research with survey method. The instruments used were questionnaire sheets. The subjects were all children grades IV, V and VI at SD
N 1 Kesugihan. The total number of the students are 80 children. Instrument test used in this research is validity with Pearson product moment formula. From the test it is known that from 42 statement, 8 are invalid, so the questionnaire used in this research consists of 34 statements. Instrument reliability
test results is 0.890, that makes the instrument is reliable . Data were analyzed by using descriptive analysis with percentage technique.The results of the role of health education for healthy and clean living behavior of upper grades students at SD N 1 Kesugihan, Cilacap research are in excellent category is 7.5% (6 students), in good category is 23.75% (19 students), in medium category
Penelitian ini dilatarbelakangi karena siswa sudah diberikan pembelajaran pendidikan
kesehatan tetapi masih terdapat beberapa siswa yang belum menerapkan perilaku hidup
bersih sehat di sekolah, hal ini dapat dilihat dari beberapa siswa yang masih malas
mengerjakan tugas piketnya, terdapat coret-coretan di dinding maupun meja, membuang
sampah sembarangan, tidak menyiram setelah buang air kecil. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran pendidikan kesehatan terhadap perilaku hidup bersih sehat siswa kelas atas
SD Negeri 1 Kesugihan Kecamatan Kesugihan Kabupaten Cilacap. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif dengan metode survai. Instrumen yang digunakan yaitu
lembar angket. Subjek penelitian ini adalah semua anak kelas IV, V dan VI SD Negeri 1 Kesugihan yang berjumlah 80 anak. Uji instrument menggunakan uji validitas dengan rumus
pearson product moment, diketahui dari 42 butir pernyataan terdapat 8 yang tidak valid, sehingga angket yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 34 pernyataan. Hasil uji
reliabilitas instrument sebesar 0,890, sehingga dinyatakan reliabel. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dengan teknik persentase. Hasil penelitian peran pendidikan kesehatan terhadap perilaku hidup bersih sehat siswa kelas atas SD Negeri 1 Kesugihan Kecamatan Kesugihan Kabupaten Cilacap dalam kategori sangat baik 7,5% (6 siswa), dalam kategori baik sebesar 23,75% (19 siswa), dalam kategori sedang sebesar 33,75% (27 siswa), kategori tidak baik sebesar 30% (24 siswa), dan kategori sangat tidak baik sebesar 5% (4 siswa).
Kata Kunci : Peran Pendidikan Kesehatan, Perilaku Hidup Bersih Sehat
ABSTRACT
The background of this research is because of the fact that there are some students who have not
apply healthy and clean living behavior although they have already given healthy education at school.
It can be seen from the facts that some students were too lazy to do their duty, there were vandalism on the wall and tables, littering, and did not flush after urinating. This research aims to determine the role of health education for healthy and clean living behavior of upper class students at SD N 1 Kesugihan, Cilacap. This research is descriptive quantitative research with survey method. The instruments used were questionnaire sheets. The subjects were all children grades IV, V and VI at SD
N 1 Kesugihan. The total number of the students are 80 children. Instrument test used in this research is validity with Pearson product moment formula. From the test it is known that from 42 statement, 8 are invalid, so the questionnaire used in this research consists of 34 statements. Instrument reliability
test results is 0.890, that makes the instrument is reliable . Data were analyzed by using descriptive analysis with percentage technique.The results of the role of health education for healthy and clean living behavior of upper grades students at SD N 1 Kesugihan, Cilacap research are in excellent category is 7.5% (6 students), in good category is 23.75% (19 students), in medium category
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.