TINGKAT KECEMASAN SISWA KELAS VI SD NEGERI 3 PENGASIH TERHADAP PEMBELAJARAN KAYANG DALAM SENAM LANTAI TAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016
Abstract
Abstrak
Penelitian ini dilatarbelakangi banyak siswa yang merasa cemas, tegang, takut, dan tidak mau
melakukan gerakan kayang pada saat pembelajaran kayang di sekolah. Siswa ragu-ragu dan juga
sering berkata tidak bisa sebelum melakukan gerakan kayang. Adapun tujuan yang ingin dicapai
adalah untuk mengetahui seberapa besar tingkat kecemasan siswa kelas VI SD Negeri 3 Pengasih
terhadap pembelajaran kayang dalam senam lantai tahun pembelajaran 2015/2016. Penelitian ini
merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan metode survei. Populasi yang digunakan dalam
penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VI SD Negeri 3 Pengasih sebanyak 27 siswa. Sampel dalam
penelitian ini semua populasi, sehingga disebut penelitian populasi. Instrumen yang digunakan dalam
penelitian ini adalah angket. Dari hasil ujicoba 31 butir pernyataan, ada 8 butir pernyataan yang
gugur, dan 23 butir pernyataan yang digunakan untuk penelitian. Koefisien reliabilitasnya adalah
sebesar 0,822. Data penelitian dianalisis menggunakan statistik deskriptif dengan persentase. Hasil
penelitian secara keseluruhan menunjukkan bahwa tingkat kecemasan siswa kelas VI SD Negeri 3
Pengasih terhadap pembelajaran kayang dalam senam lantai tahun pembelajaran 2015/2016 masuk
kategori sedang dengan persentase mencapai 48,1%. Secara lebih rinci, tingkat kecemasan siswa kelas
VI SD Negeri 3 Pengasih yaitu: (1) faktor fisiologis masuk kategori sedang sebesar 51,3%, (2) faktor
psikologis juga masuk kategori sedang dengan persentase sebesar 48,7%.
Kata kunci: Kecemasan, Pembelajaran, Kayang.
Abstrack
The background of this research study was a number of students who feel anxiety everytime they were asked to have a bridging pose in the floor exercise in their school. Most of them were doubtful and avoid the pose. The aim of this research was to find out the anxiety rate of 6 Grade Students of SD Negeri 3 Pengasih about Bridging Lesson in Floor Exercise in the academic year 2015/2016. This research was quantitative descriptive research using survey method. The populations in this research were 27 students in6 th grade of SD Negeri 3 Pengasih. The sample of this research were all samples, thus this research is also a population research. The instrument used in this research was a questionnaire. From the 31 questionnaire sheets, 8 questionnaire sheets were failed and 23 questionnaire sheets were used in this research. The coefficient reliability was 0,822. The data were analysed by descriptive statistics using percentage. The research study outcomes showed that
the anxiety rate of 6 th Grade Students of SD Negeri 3 Pengasih about Bridging Lesson were: (1) physiological factor for the medium category 51,3%, (2) psychological factor for medium category 48,7%.
Keywords: Anxiety, Lesson, Bridging
Penelitian ini dilatarbelakangi banyak siswa yang merasa cemas, tegang, takut, dan tidak mau
melakukan gerakan kayang pada saat pembelajaran kayang di sekolah. Siswa ragu-ragu dan juga
sering berkata tidak bisa sebelum melakukan gerakan kayang. Adapun tujuan yang ingin dicapai
adalah untuk mengetahui seberapa besar tingkat kecemasan siswa kelas VI SD Negeri 3 Pengasih
terhadap pembelajaran kayang dalam senam lantai tahun pembelajaran 2015/2016. Penelitian ini
merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan metode survei. Populasi yang digunakan dalam
penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VI SD Negeri 3 Pengasih sebanyak 27 siswa. Sampel dalam
penelitian ini semua populasi, sehingga disebut penelitian populasi. Instrumen yang digunakan dalam
penelitian ini adalah angket. Dari hasil ujicoba 31 butir pernyataan, ada 8 butir pernyataan yang
gugur, dan 23 butir pernyataan yang digunakan untuk penelitian. Koefisien reliabilitasnya adalah
sebesar 0,822. Data penelitian dianalisis menggunakan statistik deskriptif dengan persentase. Hasil
penelitian secara keseluruhan menunjukkan bahwa tingkat kecemasan siswa kelas VI SD Negeri 3
Pengasih terhadap pembelajaran kayang dalam senam lantai tahun pembelajaran 2015/2016 masuk
kategori sedang dengan persentase mencapai 48,1%. Secara lebih rinci, tingkat kecemasan siswa kelas
VI SD Negeri 3 Pengasih yaitu: (1) faktor fisiologis masuk kategori sedang sebesar 51,3%, (2) faktor
psikologis juga masuk kategori sedang dengan persentase sebesar 48,7%.
Kata kunci: Kecemasan, Pembelajaran, Kayang.
Abstrack
The background of this research study was a number of students who feel anxiety everytime they were asked to have a bridging pose in the floor exercise in their school. Most of them were doubtful and avoid the pose. The aim of this research was to find out the anxiety rate of 6 Grade Students of SD Negeri 3 Pengasih about Bridging Lesson in Floor Exercise in the academic year 2015/2016. This research was quantitative descriptive research using survey method. The populations in this research were 27 students in6 th grade of SD Negeri 3 Pengasih. The sample of this research were all samples, thus this research is also a population research. The instrument used in this research was a questionnaire. From the 31 questionnaire sheets, 8 questionnaire sheets were failed and 23 questionnaire sheets were used in this research. The coefficient reliability was 0,822. The data were analysed by descriptive statistics using percentage. The research study outcomes showed that
the anxiety rate of 6 th Grade Students of SD Negeri 3 Pengasih about Bridging Lesson were: (1) physiological factor for the medium category 51,3%, (2) psychological factor for medium category 48,7%.
Keywords: Anxiety, Lesson, Bridging
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.