TINGKAT PEMAHAMAN SISWA KELAS ATAS TERHADAP PERMAINAN KASTI DI SD N JLABAN KECAMATAN SENTOLO KABUPATEN KULON PROGO
Abstract
Abstrak
Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya pemahaman siswa terhadap permainan kasti dan belum
diketahuinya tingkat pemahaman siswa terhadap permainan kasti. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui tingkat pemahaman siswa kelas atas terhadap permainan kasti. Penelitian ini merupakan
penelitian deskriptif kuantitatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei.
Instrumen yang digunakan adalah angket. Penyusunan instrumen menggunakan langkah-langkah:
mendefinisikan konstruk, menyidik faktor, dan menyusun butir-butir pernyataan. Setelah instrumen
tersusun, instrumen tersebut dikonsultasikan kepada ahli (judgement) selanjutnya diuji validitas dan
reliabilitas instrumen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas atas (IV, V, dan VI)
dengan jumlah 65 siswa. Teknik analisis data yang dilakukan adalah analisis deskriptif dengan persentase.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat pemahaman siswa kelas atas terhadap permainan kasti
berada pada kategori sangat tinggi sebesar 10,8% (7 siswa), kategori tinggi sebesar 16,9% (11 siswa),
kategori sedang sebesar 43,1% (28 siswa), kategori rendah sebesar 21,5% (14 siswa), dan kategori sangat
rendah sebesar 7,7% (5 siswa). Sehingga dapat disimpulkan bahwa tingkat pemahaman siswa kelas atas
terhadap permainan kasti di SD Negeri Jlaban masuk dalam kategori sedang.
Katakunci : tingkat pemahaman, permainan kasti.
Abstrack
This research is based from lack of students’ comprehension about kasti game and unknow level
of student’s comprehension about kasti game. This study aims to determine the level of senior students’
comprehension of the game of kasti. The research was quantitative descriptive study. The method used in
this study is a survey method. The instrument used was a questionnaire. Preparation of the instrument
using the steps: defines the constructs, investigates factors, and formulated points of statement. After the
instrument is composed, it’s consulted with experts (judgment) then tested for validity and reliability of the
instrument. The population in this study were all senior students (IV, V, and VI) with total 65 students. The
data analysis technique was conducted descriptive analysis by percentage. The study results showed that
the level of senior students’ comprehension of kasti game in attained very high category 10,8% (7
students), attained high category 16,9% (11 students), attained middle category 43,1% (28 students),
attained low category 21,5% (14 students), and 7,7% (5 students) attained very low category. So it can be
concluded that the level of senior students' comprehension about the game of kasti at SD Negeri Jlaban is
in the middle category.
Keywords: comprehension level, kasti game
Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya pemahaman siswa terhadap permainan kasti dan belum
diketahuinya tingkat pemahaman siswa terhadap permainan kasti. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui tingkat pemahaman siswa kelas atas terhadap permainan kasti. Penelitian ini merupakan
penelitian deskriptif kuantitatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei.
Instrumen yang digunakan adalah angket. Penyusunan instrumen menggunakan langkah-langkah:
mendefinisikan konstruk, menyidik faktor, dan menyusun butir-butir pernyataan. Setelah instrumen
tersusun, instrumen tersebut dikonsultasikan kepada ahli (judgement) selanjutnya diuji validitas dan
reliabilitas instrumen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas atas (IV, V, dan VI)
dengan jumlah 65 siswa. Teknik analisis data yang dilakukan adalah analisis deskriptif dengan persentase.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat pemahaman siswa kelas atas terhadap permainan kasti
berada pada kategori sangat tinggi sebesar 10,8% (7 siswa), kategori tinggi sebesar 16,9% (11 siswa),
kategori sedang sebesar 43,1% (28 siswa), kategori rendah sebesar 21,5% (14 siswa), dan kategori sangat
rendah sebesar 7,7% (5 siswa). Sehingga dapat disimpulkan bahwa tingkat pemahaman siswa kelas atas
terhadap permainan kasti di SD Negeri Jlaban masuk dalam kategori sedang.
Katakunci : tingkat pemahaman, permainan kasti.
Abstrack
This research is based from lack of students’ comprehension about kasti game and unknow level
of student’s comprehension about kasti game. This study aims to determine the level of senior students’
comprehension of the game of kasti. The research was quantitative descriptive study. The method used in
this study is a survey method. The instrument used was a questionnaire. Preparation of the instrument
using the steps: defines the constructs, investigates factors, and formulated points of statement. After the
instrument is composed, it’s consulted with experts (judgment) then tested for validity and reliability of the
instrument. The population in this study were all senior students (IV, V, and VI) with total 65 students. The
data analysis technique was conducted descriptive analysis by percentage. The study results showed that
the level of senior students’ comprehension of kasti game in attained very high category 10,8% (7
students), attained high category 16,9% (11 students), attained middle category 43,1% (28 students),
attained low category 21,5% (14 students), and 7,7% (5 students) attained very low category. So it can be
concluded that the level of senior students' comprehension about the game of kasti at SD Negeri Jlaban is
in the middle category.
Keywords: comprehension level, kasti game
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.