PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN GURU PJOK DI SEKOLAH DASAR NEGERI SE KECAMATAN MOYUDAN, KABUPATEN SLEMAN
Tri Ani Hastuti, , Indonesia
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui seberapa baik penggunaan media dalam
pembelajaran penjas di Sekolah Dasar Negeri Kecamatan Moyudan Kabupaten Sleman. Penelitian ini merupakan
penelitian deskriptif kuantitatif, metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah survei. Teknik pengumpulan
data menggunakan angket. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini adalah semua guru Penjas di Sekolah Dasar
Negeri se-Kecamatan Moyudan Kabupaten Sleman dengan jumlah 11 orang dari 12 Sekolah Dasar Negeri. Teknik
analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif dengan persentase. Hasil penelitian penggunaan media dalam
pembelajaran penjas di Sekolah Dasar Negeri Kecamatan Moyudan Kabupaten Sleman dalam kategori “kurang
sekali” sebesar 0%, kategori “kurang” sebesar 27,28%, “sedang” sebesar 36,36%, “baik” sebesar 36,36, dan
kategori “baik sekali” sebesar 0%.
Kata Kunci : penggunaan media, media pembelajaran, Sekolah Dasar Negeri Kecamatan Moyudan
pembelajaran penjas di Sekolah Dasar Negeri Kecamatan Moyudan Kabupaten Sleman. Penelitian ini merupakan
penelitian deskriptif kuantitatif, metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah survei. Teknik pengumpulan
data menggunakan angket. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini adalah semua guru Penjas di Sekolah Dasar
Negeri se-Kecamatan Moyudan Kabupaten Sleman dengan jumlah 11 orang dari 12 Sekolah Dasar Negeri. Teknik
analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif dengan persentase. Hasil penelitian penggunaan media dalam
pembelajaran penjas di Sekolah Dasar Negeri Kecamatan Moyudan Kabupaten Sleman dalam kategori “kurang
sekali” sebesar 0%, kategori “kurang” sebesar 27,28%, “sedang” sebesar 36,36%, “baik” sebesar 36,36, dan
kategori “baik sekali” sebesar 0%.
Kata Kunci : penggunaan media, media pembelajaran, Sekolah Dasar Negeri Kecamatan Moyudan
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.