PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN GERAK DASAR BOLA BASKET SISWA SEKOLAH DASAR MELALUI CD INTERAKTIF The Development Of Learning Media Basic Basket Ball Motion For Elementary School Students Through Interactive CD
Agus sumhendartin suryobroto, , Indonesia
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan sebuah produk berupa CD interaktif untuk pembelajaran gerak
dasar bola basket siswa kelas atas di Sekolah Dasar. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan
(research and development). Subjek penelitian siswa kelas IV SD PIUS Kebumen yang berjumlah 29 siswa, dengan
uji coba terbatas sebanyak 10 dan uji coba luas sebanyak 19 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket
dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran melalui media interaktif teknik gerak dasar bola basket
berbasis macromedia flash dapat digunakan sebagai media pembelajaran bola basket SD. Validasi Ahli materi rerata
tahap I sebesar 3,4 yang termasuk dalam kategori cukup dan hasil revisi rerata tahap II sebesar 4,06 yang termasuk
kategori sangat baik. Validasi Ahli media tahap I menunjukkan rerata skor sebesar 3,43 yang termasuk cukup baik,
dan rerata tahap II sebesar 4,25 yang termasuk kategori sangat baik. Produk berupa pembelajaran ini layak digunakan
dalam pembelajaran Sekolah Dasar. Pada uji coba lapangan rerata skor sebesar 85,06% termasuk dalam kriteria
“sangat baik”. Dengan demikian, produk media CD interaktif gerak dasar bola basket dapat digunakan di kelas atas
Sekolah Dasar
Kata kunci: media CD iInteraktif, gerak dasar bola basket, siswa sekolah dasar
Abstract
This study attempts to produce in the form of an interactive CD product for teaching basic basketball motion
students upper class in elementary school.
The type of this study is research and development. Subject of the study are 19 kids 4th grade students of PIUS
Kebumen Elementary School, with 10 limited test and 19 open test. Technique of data collection using questionnaire
and documentation. The data analysis technique used is descriptive analysis qualitative and quantitative.
Study showed that the implementation of learning to promote disorder to through an interactive medium the
technique of motion the base of a basketball macromedia flash based can used as a medium of learning a basketball in
elementary schools. Master validation material 1st phase average are 3,4 which classified as enough and the result of
2nd phase average are 4,06 which classified as very good. Master validation media 1st phase showed average score
3.43 which classified good enough and the result of 2nd phase average are 4,25 which classified as very good. This
learning product appropriate used in teaching on elementary school. In field test average score showed 85,06%
classified as “very good”. Thus, the product of interactive media basic basket ball motion CD can be used in upper
class of elementary school.
Keyword : Interactive CD Media, Basic Basket Ball Motion, Elementary School Students
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan sebuah produk berupa CD interaktif untuk pembelajaran gerak
dasar bola basket siswa kelas atas di Sekolah Dasar. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan
(research and development). Subjek penelitian siswa kelas IV SD PIUS Kebumen yang berjumlah 29 siswa, dengan
uji coba terbatas sebanyak 10 dan uji coba luas sebanyak 19 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket
dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran melalui media interaktif teknik gerak dasar bola basket
berbasis macromedia flash dapat digunakan sebagai media pembelajaran bola basket SD. Validasi Ahli materi rerata
tahap I sebesar 3,4 yang termasuk dalam kategori cukup dan hasil revisi rerata tahap II sebesar 4,06 yang termasuk
kategori sangat baik. Validasi Ahli media tahap I menunjukkan rerata skor sebesar 3,43 yang termasuk cukup baik,
dan rerata tahap II sebesar 4,25 yang termasuk kategori sangat baik. Produk berupa pembelajaran ini layak digunakan
dalam pembelajaran Sekolah Dasar. Pada uji coba lapangan rerata skor sebesar 85,06% termasuk dalam kriteria
“sangat baik”. Dengan demikian, produk media CD interaktif gerak dasar bola basket dapat digunakan di kelas atas
Sekolah Dasar
Kata kunci: media CD iInteraktif, gerak dasar bola basket, siswa sekolah dasar
Abstract
This study attempts to produce in the form of an interactive CD product for teaching basic basketball motion
students upper class in elementary school.
The type of this study is research and development. Subject of the study are 19 kids 4th grade students of PIUS
Kebumen Elementary School, with 10 limited test and 19 open test. Technique of data collection using questionnaire
and documentation. The data analysis technique used is descriptive analysis qualitative and quantitative.
Study showed that the implementation of learning to promote disorder to through an interactive medium the
technique of motion the base of a basketball macromedia flash based can used as a medium of learning a basketball in
elementary schools. Master validation material 1st phase average are 3,4 which classified as enough and the result of
2nd phase average are 4,06 which classified as very good. Master validation media 1st phase showed average score
3.43 which classified good enough and the result of 2nd phase average are 4,25 which classified as very good. This
learning product appropriate used in teaching on elementary school. In field test average score showed 85,06%
classified as “very good”. Thus, the product of interactive media basic basket ball motion CD can be used in upper
class of elementary school.
Keyword : Interactive CD Media, Basic Basket Ball Motion, Elementary School Students
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.