TANGGAPAN SISWA KELAS ATAS TERHADAP PEMBELAJARAN SENAM DI SD NEGERI 1 GELARAN KARANGMOJO GUNUNGKIDUL
Sri Mawarti, , Indonesia
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa positif tanggapan siswa kelas atas terhadap
pembelajaran senam di SD Negeri 1 Gelaran Karangmojo Gunung Kidul. Jenis penelitian ini adalah
deskriptif kuantitatif. Metode yang digunakan adalah survei dengan teknik pengumpulan data
menggunakan angket. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas atas di SD Negeri 1 Gelaran
Karangmojo Gunung Kidul yang berjumlah 76 siswa, semua dijadikan sampel, sehingga disebut
total sampling. Analisis data menggunakan analisis deskriptif yang dituangkan dalam bentuk
persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tanggapan siswa kelas atas terhadap pembelajaran
senam di SD Negeri 1 Gelaran Karangmojo Gunung Kidul berada pada kategori “sangat kurang
positif” sebesar 7,89% (6 peserta didik), “kurang positif” sebesar 18,42% (14 peserta didik), “cukup
positif” sebesar 42,11% (32 peserta didik), “positif” sebesar 23,68% (18 peserta didik), dan “sangat
positif” sebesar 7,89% (6 peserta didik).
Kata kunci: tanggapan, siswa kelas atas, pembelajaran senam
Abstract
This study aims to find out how positive upper grade students’ responses are to gymnastics
learning at SD Negeri 1 Gelaran, Karangmojo, Gunung Kidul. This was a quantitative descriptive
study. It used the survey method and the data were collected using questionnaires. The population
comprised upper grade students of SD Negeri 1 Gelaran, Karangmojo, Gunung Kidul, with a total of
76 students, all of whom were selected as the sample called the total sampling. The data analysis
used the descriptive technique in the form of percentages. The results show that regarding upper
grade students’ responses to gymnastics learning at SD Negeri 1 Gelaran, Karangmojo, Gunung
Kidul, 7.89% (6 students) are in the very negative category, 18.42% (14 students) in the negative
category, 42.11% (32 students) in the moderately positive category, 23.68% (18 students) in the
positive category, and 7.89% (6 students) in the very positive category.
Keywords: responses, upper grade students, gymnastics learning
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa positif tanggapan siswa kelas atas terhadap
pembelajaran senam di SD Negeri 1 Gelaran Karangmojo Gunung Kidul. Jenis penelitian ini adalah
deskriptif kuantitatif. Metode yang digunakan adalah survei dengan teknik pengumpulan data
menggunakan angket. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas atas di SD Negeri 1 Gelaran
Karangmojo Gunung Kidul yang berjumlah 76 siswa, semua dijadikan sampel, sehingga disebut
total sampling. Analisis data menggunakan analisis deskriptif yang dituangkan dalam bentuk
persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tanggapan siswa kelas atas terhadap pembelajaran
senam di SD Negeri 1 Gelaran Karangmojo Gunung Kidul berada pada kategori “sangat kurang
positif” sebesar 7,89% (6 peserta didik), “kurang positif” sebesar 18,42% (14 peserta didik), “cukup
positif” sebesar 42,11% (32 peserta didik), “positif” sebesar 23,68% (18 peserta didik), dan “sangat
positif” sebesar 7,89% (6 peserta didik).
Kata kunci: tanggapan, siswa kelas atas, pembelajaran senam
Abstract
This study aims to find out how positive upper grade students’ responses are to gymnastics
learning at SD Negeri 1 Gelaran, Karangmojo, Gunung Kidul. This was a quantitative descriptive
study. It used the survey method and the data were collected using questionnaires. The population
comprised upper grade students of SD Negeri 1 Gelaran, Karangmojo, Gunung Kidul, with a total of
76 students, all of whom were selected as the sample called the total sampling. The data analysis
used the descriptive technique in the form of percentages. The results show that regarding upper
grade students’ responses to gymnastics learning at SD Negeri 1 Gelaran, Karangmojo, Gunung
Kidul, 7.89% (6 students) are in the very negative category, 18.42% (14 students) in the negative
category, 42.11% (32 students) in the moderately positive category, 23.68% (18 students) in the
positive category, and 7.89% (6 students) in the very positive category.
Keywords: responses, upper grade students, gymnastics learning
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.