HAMBATAN PELAKSANAAN PEMBELAJARAN AKUATIK DI SEKOLAH DASAR NEGERI SE-KECAMATAN PENGASIH KULON PROGO YOGYAKARTA TAHUN PELAJARAN 2018/2019

Bayu Andi Prasetyo,
Subagyo Subagyo, , Indonesia

Abstract


Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hambatan yang dihadapi guru penjasorkes dalam melaksanakan
pembelajaran akuatik di Sekolah Dasar se-Kecamatan Pengasih Kabupaten Kulon Progo tahun ajaran 2018/2019. Jenis
penelitian yaitu penelitian deskriptif kuantitatif. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode survei dengan teknik
pengambilan datanya menggunakan angket. Teknik anilis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dalam
bentuk persentase.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara keseluruhan besarnya faktor penghambat pelaksanaan
pembelajaran akuatik di Sekolah Dasar se-Kecamatan Pengasih Kabupaten Kulon Progo tahun pelajaran 2018/2019
berada pada kategori “Menghambat” dengan persentase sebesar 60%. Penelitian ini dibatasi oleh beberapa faktor intern
dan faktor ekstern. Faktor intern yaitu guru dalam kategori “menghambat” dengan persentase sebesar 60%, dan faktor
ekstern dalam kategori “menghambat” dengan persentase sebesar 53,3%. Faktor ekstern meliputi: (1) faktor siswa dalam
kategori “menghambat” dengan persentase sebesar 67,3%, (2) faktor materi dalam kategori “tidak menghambat” dengan
persentase 60%, (3) faktor sarana dan prasarana dalam kategori “tidak menghambat” dengan persentase sebesar 46,7 %,
dan (4) faktor lingkungan dalam kategori “menghambat” dengan persentase sebesar 60%.
Kata Kunci: faktor penghambat, pembelajaran dan akuatik.
Abstract
The purpose of research is to determine the obstacles faced by Penjasorkes (Physical Education, Sport, and
Health) teachers in implementing the aquatic learning in elementary schools throughout Pengasih District, Kulon Progo
Regency, academic year 2018/2019. The research was descriptive quantitative research. Method of the research
employed survey method with data collection technique using questionnaire. Data analysis technique applied was by
descriptive statistical analysis in the form of percentage. Research results indicate that, overall, the obstacle factors in the
implementation of aquatic learning in elementary schools throughout Pengasih District Kulon Progo Regency in
academic year 2018/2019 is in the category of "Inhibiting" with percentage 60%. The research is limited by several
internal factors and external factors. Internal factor is teacher in the "inhibiting" category with percentage 60% and
external factor in the "inhibiting" category with percentage 53.3%. External factors include: (1) student factor in the
"inhibiting" category with percentage 67.3%, (2) material factor in the "not inhibiting" category with percentage 60%, (3)
facility and infrastructure factors in the "not inhibiting" category with percentage 46.7%, and (4) environmental factor in
the "inhibit" category with percentage 60%.
Keywords: inhibiting factors, learning and aquatic.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.