FAKTOR PENGHAMBAT PEMBELAJARAN PERMAINAN TRADISIONAL SISWA KELAS IV DAN V SD N 3 PENGASIH KECAMATAN PENGASIH KABUPATEN KULON PROGO

Adi Wicaksono, , Indonesia
Sri Mawarti, , Indonesia

Abstract


Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor penghambat pembelajaran permainan tradisional
siswa kelas IV dan V SD Negeri 3 Pengasih Kecamatan Pengasih Kabupaten Kulon Progo
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif menggunakan metode survei dengan
teknik pengambilan data menggunakan angket. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa SD Negeri 3
Pengasih kelas IV dan V dengan jumlah 54 responden. Teknik analisis data menggunakan analisis
deskriptif yang dituangkan dalam bentuk persentase faktor penghambat pembelajaran permainan
tradisional siswa SD Negeri 3 Pengasih kecamatan Pengasih Kabupaten Kulon Progo.
Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa faktor penghambat pembelajaran
permainan tradisional di SD Negeri 3 Pengasih Kecamatan Pengasih Kabupaten Kulon Progo
berdasarkan faktor internal dari indikator jasmani dengan 10 siswa sebesar 18,52%, psikologis dengan 9
siswa sebesar 16,67%, dan kelelahan dengan 13 siswa sebesar 24,07%. Sedangkan dari faktor eksternal
dari indikator keluarga dengan 8 siswa sebesar 14,81%, sekolah dengan 8 siswa sebesar 14,81%, dan
masyarakat dengan 6 siswa sebesar 11,11%.
Kata Kunci: Faktor penghambat, pembelajaran, permainan tradisional
Abstract
This study is aimed at determining the inhibiting factors of learning traditional games for fourth
and fifth grade students of Pengasih 3 Public Elementary School, Pengasih Subdistrict, Kulon Progo
Regency.
This research was a quantitative descriptive study using a survey method with data collection
techniques using questionnaires. Subjects in this study were students of Elementary School 3 Pengasih
class IV and V, with a total of 54 respondents. Data analysis techniques used descriptive analysis in the
form of a percentage of the inhibiting factors of traditional game learning students of Pengasih 3 Public
Elementary School, Pengasih subdistrict, Kulon Progo Regency.
Based on the results of the study, it is concluded that the inhibiting factors of traditional game
learning in Pengasih 3 Public Elementary School, Pengasih District, Kulon Progo Regency is based on
internal factors, from physical indicators with 10 students at 18.52%, psychological factor with 9
students at 16.67%, and fatigue factors with 13 students at 24.07%. Whereas from external factors, from
the family factor with 8 students at 14.81%, the school factor with 8 students at 14.81%, and the
community factor with 6 students at 11.11%.
Keywords: inhibiting factors, learning, traditional games

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.